PSSI Berusia 92 Tahun, Berikut Deretan Pesepakbola Legendaris Indonesia

Serafin Unus Pasi | 19 April 2022, 19:39
PSSI Berusia 92 Tahun, Berikut Deretan Pesepakbola Legendaris Indonesia
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Dalam perjalanan PSSI hingga usia 92 tahun sekarang, ada banyak legenda sepak bola yang memiliki peran positif. Peran itu adalah ikut mengharumkan nama PSSI, melalui permainannya di Timnas Indonesia.

Dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, Indonesia memiliki jumlah pemain sepak bola yang massif. Pasalnya, negara ini dikenal gila bola.

Dari sekian banyak nama itu, ada orang-orang yang layak disebut sebagai legenda. Hal itu berkat prestasinya, baik di tingkat individu maupun tim nasional.

Pencapaian prestasi menjadi tolak ukur yang pas untuk menyebut seseorang adalah legenda. Baik secara individu maupun level tim nasional.

Berikut Bola.net sajikan setidaknya lima pesepakbola Tanah Air yang layak disebut legenda. Data berdasarkan catatan dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Abdul Kadir

Berdasarkan data yang dikumpulkan Novianto Widigdo dan dimuat di rsssf.com, diketahui Abdul Kadir adalah pemegang caps dan pencetak gol terbanyak buat Timnas Indonesia. Ia mencatat 111 pertandingan buat Skuad Garuda, dengan menghasilkam 70 gol.

Abdul Kadir merupakan pemain kelahiran Denpasar, 27 Desember 1948, dan meninggal di Jakarta, pada 4 April 2003. Ia pernah memperkuat PSMS Medan, Persebaya Surabaya, Arseto, Perkesa 78, dan Jaka Utama. Setelah pensiun, ia pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 1983-1984.

2 dari 5 halaman

2. Iswadi Idris

Legenda berikutnya adalah Iswadi Idris. Masih berdasarkan catatan dari Novianto Widigdo, Iswadi Idris ada di urutan kedua dalam urusan caps dan mencetak gol buat Timnas Indonesia. Catatannya adalah 97 pertandingan dengan 55 gol. Ia aktif di Timnas Indonesia pada 1968-1980.

Iswadi Idris lahir di Banda Aceh pada 18 Maret 1948, dan meninggal di Jakarta pada 11 Juli 2008. Posisi bermainnya dulu adalah gelandang serang. Karier klubnya pernah di Persija Jakarta, PSMS, IM Jakarta, Western Suburbs, hingga Jayakarta.

3 dari 5 halaman

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas (c) ESA

Bambang Pamungkas (c) ESA

Nama selanjutnya adalah Bambang Pamungkas. Pria yang akrab disapa Bepe ini menempati urutan ketiga dalam urusan caps dan gol buat Timnas Indonesia. Total, ia bermain dalam 87 pertandingan dengan menghasilkan 38 gol. Bepe aktif di Timnas Indonesia pada 1999-2018.

Posisi bermainnya adalah striker, terkenal dengan sundulannya yang maut. Klub Indonesia yang pernah diperkuatnya hanya Persija dan Pelita Bandung Raya (PBR).

4 dari 5 halaman

4. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Hendro Kartiko (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Dari sekian banyak kiper tangguh di Indonesia, apresiasi sebagai legenda patut diberikan kepada Hendro Kartiko. Mengapa? Karena ia paling banyak mencatat caps di Timnas Indonesia.

Hendro Kartiko bermain di Timnas Indonesia pada 1996-2011. Ia pernah dijuluki sebagai Fabien Barthez dari Indonesia. Caps-nya di Timnas Indonesia mencapai 60 pertandingan.

5 dari 5 halaman

5. Robby Darwis

Dari deretan pemain dengan caps terbanyak di Timnas Indonesia, Robby Darwis merupakan pemain di posisi bek tengah yang menempati tempat teratas. Mantan ikonis Persib ini mencatat 53 pertandingan, dengan enam gol. Ia aktif dipanggil ke Timnas Indonesia sepanjang 1987-1997.

Robby Darwis merupakan sosok yang asli Bandung, lahir pada 30 Oktober 1964. Ia pernah menjadi pelatih Pro Duta, Persib, PSB Bogor, hingga PSKC Ciamis.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR