PSIM Yogyakarta Tunjuk Erwan Hendarwanto Jadi Pelatih Baru, Tugas Pertama Lawan Mantan

Asad Arifin | 22 September 2022, 08:47
Skuad PSIM Yogyakarta musim 2022/2023 (c) PSIM Yogyakarta
Skuad PSIM Yogyakarta musim 2022/2023 (c) PSIM Yogyakarta

Bola.net - PSIM Yogyakarta resmi menunjuk Erwan Hendarwanto sebagai pelatih baru untuk mengarungi Liga 2 2022/2023. Erwan Hendarwanto akan menggantikan peran Imran Nahumarury yang gagal memberikan hasil maksimal pada tiga laga awal musim ini.

Erwan bukan kali pertama ini menjadi pelatih PSIM. Di tahun 2018 yang lalu, ia menukangi Laskar Mataram selama satu musim penuh.Di Liga 2 2019, Erwan juga sempat membantu Aji Santoso sebagai asisten pelatih.

Erwan pun sudah memimpin sesi latihan PSIM Yogyakarta pada Rabu (21/9/2022) sore. Ketika ditemui awak media, Erwan mengungkapkan kebahagiaannya bisa kembali ke PSIM.

“Teman-teman tahu saya dibesarkan di PSIM. Bisa kembali ke PSIM menjadi momen yang selalu saya nantikan, menjadi pelatih di tim ini menjadi kebanggaan bagi saya yang notabene tinggal di Yogyakarta. Pokoke onone seneng karo bangga. Harapannya, rasa ini tidak hanya kami saja yang rasakan, tapi juga ada bentuk kerja keras,” ungkapnya.

Erwan sebelumnya melatih sesama klub Liga 2 2022/2023, Persekat Tegal. Namun, Erwan mengundurkan diri dari posisinya. Menariknya, tugas pertama Erwan sebagai pelatih PSIM adalah duel melawan Persekat pada hari Jumat 23 September 2022 nanti.

1 dari 2 halaman

Bangun Kekeluargaan di PSIM

Erwan Hendarwanto pun menyatakan targetnya di PSIM. Ia ingin membentuk sebuah tim yang bagus. Tim dengan rasa kekeluargaan yang tinggi.

“Saya sudah sampaikan ke pemain, saya selalu berbicara bahwa saya tidak pernah membangun sebuah tim, tapi saya membangun sebuah keluarga. Di dalam sebuah keluarga pasti saling dukung, tidak ada saling menyalahkan, yang akhirnya kekompakan dari sebuah keluarga itu menciptakan kebahagiaan," kata Erwan.

Pelatih berusia 45 tahun itu pun menyatakan akan membuat suasana latihan di PSIM menjadi sesi yang menyenangkan. Hal itu akan membuat pemain tak terbebani, bahkan sampai ke pertandingan.

"Sebelum kita membahagiakan banyak orang kan kita dulu yang harus bahagia saat latihan, pertandingan dan tidak ada beban, tidak ada rasa takut salah. Istilahnya saya itu seperti pacaran. Tidak ada beban, tidak ada beratnya, yang ada hanya rasa bahagia, terpenting setiap laga kita melakukan yang terbaik itu saja,” jelas Erwan.

2 dari 2 halaman

Target Promosi ke Liga 1

Manajer PSIM Yogyakarta, Farabi Firdausy, mengonfirmasi penetapan Erwan Hendarwanto sebagai pelatih tim PSIM Yogyakarta sudah melalui proses diskusi yang intens di lingkungan manajemen.

Farabi menyatakan sebenarnya ada beberapa kandidat yang bisa menggantikan Imran Nahumarury. Farabi merasa, Erwan sebagai pelatih yang paling meyakinkan untuk diberi kontrak oleh PSIM.

"Alhamdulillah dari beberapa kandidat yang memang kita telah melakukan pendekatan, memang yang paling meyakinkan dan kami pahami sesuai dengan kebutuhan tim saat ini adalah Coach Erwan. Dan Alhamdulillah beliau sudah memimpin latihan H-2 sebelum pertandingan besok," kata Farabi.

Farabi pun menyebut manajemen PSIM menunjuk Erwan Hendarwanto sebagai pengganti Imran Nahumarury tak lepas dari kesiapannya untuk memikul tanggung jawab memimpin tim Laskar Mataram dengan target promosi ke Liga 1.

"Kami sudah berkomunikasi secara intens dan Coach Erwan sudah siap untuk membawa tim ini memenuhi target promosi Liga 1, dan manajemen juga siap untuk mendukung target tersebut," tandasnya.

Disadur dari Bola.com: Hery Kurniawan/Wiwig Prayugi, 21 September 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR