BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi PSM Makassar vs Persipura Jayapura 27 November 2021

27-11-2021 13:37 | Editor Bolanet

BRI Liga 1: PSM Makassar vs Persipura Jayapura. (c) Bolacom/Adreanus Titus
BRI Liga 1: PSM Makassar vs Persipura Jayapura. (c) Bolacom/Adreanus Titus

Bola.net - PSM Makassar dan Persipura Jayapura bakal bertemu di lanjutan BRI Liga 1 2021 pekan 14 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (27/11/2021) malam nanti. Berikut prediksi PSM vs Persipura selengkapnya.

Dua pelatih anyar di dua tim yang bakal bertemu malam nanti bakal beradu taktik. Karena itu, dua tim akan mengincar hasil terbaik untuk memulai era baru mereka.

Dari kubu PSM Makassar, Syamsuddin Batola menggantikan peran Milomir Seslija yang dipecat menyusul hasil minor Juku Eja dalam lima laga terakhir di BRI Liga 1 2021/2022. PSM hanya meraih satu kemenangan, dua imbang dan dua kali kalah.

Sedang Alfredo Vera sudah melakoni tugasnya sebagai pelatih pengganti Jacksen Tiago saat Persipura Jayapura menekuk Persikabo 1973, Senin (22/11/2021).

Meski berstatus sebagai pelatih anyar, sejatinya kedua pelatih ini bukan sosok asing di tim masing-masing. Syamsuddin misalnya, pria asal Kabupaten Maros ini adalah eks bek tangguh PSM.

Pencapaian terbaik Syamsuddin bersama skuad Juku Eja adalah meraih trofi juara musim 1999/2000 serta dua kali runner-up, yakni pada 1995/1996 dan 2000/2001. Ia pun sempat jadi pelatih kepala PSM di Piala Menpora 2021 yang sukses menembus semifinal.

Sementara Alfredo Vera pernah membawa Persipura meraih trofi juara di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, kompetisi pengganti Liga Indonesia yang vakum karena PSSI kena bannned FIFA. Pada saat itu, Alfredo Vera menggantikan Jafri Sastra yang dinilai gagal memenuhi harapan manajemen dan suporter Persipura.

"Saya tahu betul karakter permainan Persipura karena kami pernah sama-sama meraih trofi juara," ujar Alfredo Vera yang sebelum menangani Persipura Jayapura lebih dulu membimbing klub Liga 2, Persiba Balikpapan.

1 dari 3 halaman

Kondisi Tim PSM Makassar

Pada laga kontra Persipura Jayapura nanti, PSM Makassar kembali bisa memainkan dua pilarnya, M. Arfan dan Abdul Rachman, yang sempat absen saat Juku Eja kalah tipis 0-1 dari PSIS Semarang, Senin (22/11/2021).

Kehadiran Arfan dan Rachman yang menjadi andalan Syamsuddin di Piala Menpora 2021 bakal membuat keseimbangan permainan tim lebih terjaga.

Rachman yang berposisi sebagai bek sayap kiri kembali berkolaborasi dengan tiga rekannya di lini belakang, yakni Zulkifli Syukur, Serif Hasic dan Hasim Kipuw. Sedang Arfan bakal berduet dengan Sutanto Tan untuk menopang pergerakan Wiljan Pluim, kreator serangan PSM.

Sementara untuk lini depan, Syamsuddin yang kerap memainkan pola 4-3-3 kembali memercayakan dua penyerang sayap, Ilham Udin Armaiyn dan Yakob Sayuri untuk mengacak-acak lini belakang Persipura.

Sementara di posisi striker, Syamsuddin memiliki tiga opsi, yakni Anco Jansen, Azka Fauzi, dan Saldi Amiruddin. Nama terakhir adalah striker pilihan utama Syamsuddin di Piala Menpora 2021.

2 dari 3 halaman

Kebangkitan Persipura

Kehadiran Alfredo Vera berdampak positif terhadap penampilan Persipura Jayapura. Khususnya kepercayaan diri pemain untuk kembali menunjukkan permainan bola dari kaki ke kaki ala Papua.

Gol yang dibuat Yohanes Pahabol ke gawang Persikabo 1973 jadi bukti sahih kualitas individu pemain asal Papua. Sebelum mencetak gol, Yohanes Pahabol lebih dulu memperdaya para bek Persikabo.

Kemudian dengan kepercayaan diri yang tinggi, Pahabol mengarahan bola ke sudut yang tak bisa dijangkau kiper Persikabo, Tedi Heri Setiawan.

Sebaliknya, dua bek tengah asli Papua, Brian Fatari dan Israel Wamiau, tampil trengginas menghalau serangan bergelombang Persikabo. Pada laga nanti, keduanya akan berbagi tugas mewaspadai pergerakan pemain PSM yang tiba-tiba muncul di area 16.

Seperti diketahui, Juku Eja tak mematok satu striker yang menunggu di kotak penalti lawan. Sementara di lini tengah, Elisa Basna dan Nelson Alom bakal bergantian mematikan pergerakan Wilan Pluim, kreator serangan PSM. Keduanya pun jadi penopang dua gelandang asing yang dimiliki Persipura, Hedipo Gustavo dan Takuya Matsunaga.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper) Zulkifli Syukur, Serif Hasic, Hasim Kipuw, Abdul Rachman; M. Arfan, Sutanto Tan, Wiljan Pluim (tengah) Yakob Sayuri, Saldi Amiruddin, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Syamsuddin Batola

Persipura Jayapura (4-4-2): Fitrul Dwi Rustapa (Kiper), Brian Fatari, Muhammad Tahir, Israel Wamiau, David Rumakiek (Belakang), Elisa Basna, Hedipo Gustavo, Takuya Matsunaga, Nelson Alom (Tengah), Yohanes Pahabol (C), Yevhen Bokhasvili (Depan).

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Prediksi: 55-45

Disadur dari: Bola.com (Abdi Satria/Benediktus GP; 27/11/21)

KOMENTAR