BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Prediksi PSIS Semarang vs Arema FC Minggu 8 Desember 2019

08-12-2019 11:35 | Yaumil Azis

PSIS Semarang vs Arema FC. (c) Bola.net PSIS Semarang vs Arema FC. (c) Bola.net

Bola.net - Duel hidup mati harus dijalani PSIS Semarang saat bertemu Arema FC dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019, Minggu (8/12/2019) di Stadion Moch Soebroto. Tiga poin wajib mereka dapatkan dari laga kali ini.

PSIS Semarang sangat membutuhkan tambahan tiga poin agar segera bisa memastikan bertahan di Liga 1.

Jika melihat klasemen saat ini, posisi tim Bruno Silva dkk. secara matematis masih bisa dikejar pesaing, yang juga memiliki misi sama.

Untuk mewujudkan tiga poin dari Singo Edan, PSIS harus melupakan kekalahan pada laga sebelumnya, saat tumbang 0-2 dari Persipura Jayapura (4/12/2019). Kekalahan tersebut menjadi bahan evaluasi bagi PSIS.

Di sisi lain, potensi PSIS mengalahkan Arema pada laga nanti dianggap cukup besar, setelah mampu meriah sembilan poin dari tiga laga beruntun, sebelum akhirnya takluk di markas Persipura.

Selain itu, tim asuhan pelatih Bambang Nurdiansyah ini bakal mendapat dukungan penuh dari suporter di kandang sendiri.

Gelandang bertahan Heru Setyawan dan playmaker Septian David Maulana, kembali menambah kekuatan PSIS, setelah absen akibat menjalani hukuman akumulasi kartu di pertandingan sebelumnya. Kehadiran keduanya diharapkan membuat lini tengah PSIS kembali kuat.

"Kami tentu menyiapkan strategi melawan Arema. Bagi kami, laga ini sangat-sangat penting, kami harus mendapat tiga poin demi tercapainya target utama musim ini," ujar Bambang Nurdiansyah.

"Walau Claudir Marini Jrmasih cedera, pemain yang yang lain siap, termasuk Wallace Costa yang kemarin sempat cedera saat latihan," imbuhnya.

Meski begitu, pelatih yang akrab disapa Banur tersebut menilai Arema tetap tim besar. Kendati, meraih hasil minor dalam beberapa pertandingan terakhir.

Selain itu, absennya dua benteng kukuh Arema, Hamka Hamzah karena cedera dan Arthur Cunha (akumulasi kartu), disebut tidak akan mepengaruhi kualitas permainan Singo Edan.

"Arema bukan tim sembarangan, mereka tim kuat, siapa pun yang akan dimainkan. Intinya, pemain kami harus bekerja keras," ujarnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 2 halaman

Memunculkan Agresivitas dan Kreativitas

Kewaspadaan Banur benar adanya. Hal itu karena Arema ingin mengakhiri tren negatif di sisa musim ini karena dalam empat pertandingan sebelumnya, Singo Edan hanya sanggup meraih dua poin.

Namun, Arema juga menyadari misi meraup tiga poin bukan hal enteng, sekalipun tuan rumah saat ini ada di papan bawah. Kini, justru PSIS Semarang yang selalu tampil ngotot di setiap pertandingan untuk mengamankan posisi agar tidak terdegradasi musim ini.

Pelatih Arema, Milomir Seslija, menyadari hal itu, dan Arema sudah punya pengalaman menghadapi tim papan bawah. Saat melawan Semen Padang, Arema beruntung dan menang 1-0, sedangkan melawan Kalteng Putra di Malang, justru berakhir 1-1.

"Sekarang tim yang di bawah juga punya semangat tinggi untuk tidak kalah, seperti saat melawan Semen Padang dan Kalteng. Jadi, laga melawan PSIS akan jadi pertandingan yang sulit untuk Arema," ujar Milo.

Untuk meraih tiga poin di kandang PSIS, Arema sudah punya modal. Mereka telah mengantongi kekurangan dalam empat laga sebelumnya sehingga Singo Edan tahu harus bermain seperti apa.

"Jujur, kami kehilangan dua hal, yakni agresivitas dan kreativitas. Dua hal itu yang perlu dikembalikan nanti, karena dalam sepak bola tidak cukup hanya bermain kompak saja," jelas Milo.

Kreativitas Arema biasanya dibuat oleh pemain seperti Makan Konate, Dendi Santoso, dan yang lainnya. Pemain-pemain itu sempat absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu dan panggilan ke Timnas Indonesia. Setelah kembali, sepertinya mereka butuh waktu untuk menyatu dengan tim lagi.

"Kami akui sempat kehilangan beberapa pemain. Tapi, hal itu tidak bisa dijadikan alasan karena pemain sudah kembali. Semoga mereka agresivitas dan kreativitasnya kembali dalampertandingan ini," lanjut pelatih asal Bosnia itu

Sebenarnya Arema sedang rapuh dalam laga ini, terutama di lini belakang menyusul absennya dua palang pintu utama, Hamka Hamzah dan Arthur Cunha. Hal itu bisa jadi celah untuk PSIS menjebol gawang Arema. Ini sekaligus jadi ujian kecerdikan Milo untuk menutup celah tersebut.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Soni Setiawan (belakang); Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Septian David Maulana (tengah); Bayu Nugroho, Jr, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Arema FC (4-2-3-1): Kartika Ajie (kiper), Alfin Tuasalamony, Hanif Sjahbandi, Ahmad Alfarizi, Nasir (belakang); Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi; Dendi Santoso, Makan Konate, Ricky Kayame (tengah); Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

Prediksi: 55-45

Kendati posisi PSIS ada di bawah Arema, saat ini tim Mahesa Jenar sedang dalam situasi baik. Tampil di depan pendukung sendiri menambah motivasi PSIS untuk menjatuhkan Arema, yang dalam kondisi berlawanan lantaran hasil kurang memuaskan dalam empat laga terakhir lalu.

Disadur dari: Bola.com (Vincentius Atmaja/Iwan Setiawan/Aning Jati)
Diunggah pada: 8 Desember 2019

KOMENTAR

Lompatan Spektakuler Ronaldo, Penyelamat Juventus