BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi Piala Menpora PSM Makassar Vs Bhayangkara Solo FC 27 Maret 2021

27-03-2021 08:43 | Serafin Unus Pasi

Piala Menpora 2021: PSM Makassar vs Bhayangkara FC (c) Bola.com/Dody Irawan
Piala Menpora 2021: PSM Makassar vs Bhayangkara FC (c) Bola.com/Dody Irawan

Bola.net - PSM Makassar bertekad untuk melanjutkan tren positif mereka di matchday 2 Piala Menpora 2021. Mereka mengincar kemenangan kontra Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (27/3/2021).

Pelatih PSM, Syamsuddin mengungkapkan kondisi dan motivasi tim asuhannya tengah bergelora untuk mengejar mimpi kemenangan kedua di Grup B.

"Sejauh ini recovey pemain terbilang baik. Tidak ada pemain yang bermasalah. Kami hanya kehilangan M. Arfan yang pulang ke Makassar untuk menikah," kata Syamsuddin pada sesi jumpa media, Jumat (26/3/2021).

Itulah mengapa Syamsuddin tak terlalu dipusingkan dengan kepulangan Arfan ke Makassar. Ia mengaku sudah menyiapkan pemain pengganti eks gelandang tim nasional U-23 itu.

"Kita lihat saja perkembangannya besok. Bisa jadi, saya akan mainkan pemain yang sudah tampil melawan Persija atau pemain baru," terang Syamsuddin.

Pernyataan Syamsuddin itu seakan menjadi sinyal dirinya akan menurunkan Zulham Zamrun menghadapi Bhayangkara. Seperti diketahui, ketika PSM Makassar menekuk Persiba, Zulham yang pernah menjadi top skorer di Piala Presiden 2015 dan Piala Indonesia 2018/2019 ini hanya duduk manis di bangku cadangan.

1 dari 5 halaman

Pantang Meremehkan

Dalam sesi gim internal di Makassar, Zulham memang masuk dalam formasi starter Syamsuddin. Eks Persib Bandung ini ditempatkan sebagai gelandang serang yang berdiri di belakang sriker Patrich Wanggai.

Artinya, kalau Zulham dimainkan, maka Sutanto Tan akan digeser menggantikan peran Arfan dan berduet dengan Rasyid Bakri sebagai penyeimbang tim.

"Sebenarnya tak ada perubahan yang signifikan pada laga nanti. Saya hanya meminta pemain agar bekerja keras untuk memenangkan laga," tegas Syamsuddin.

Syamsuddin menambahkan, dirinya tak akan mengintruksikan pemainnya agar melakukan penjagaan khusus buat pemain tertentu. Karena menurutnya semua pemain Bhayangkara memiliki kualitas yang sama baiknya.

"Seperti saat menghadapi Persija. Semua pemain yang dekat dengan bola harus berusaha merebutnya dari kaki lawan," tutur Syamsuddin.

Sementara itu, gelandang Sutanto mengungkapkan ia dan pemain PSM Makassar lainnya tinggal menjalankan intruksi dari pelatih.

"Kami memiliki tekad yang sama untuk menang atas Bhayangkara. Semoga PSM kembali mendapat tiga poin dan memastikan diri ke babak selanjutnya," pungkas Sutanto.

2 dari 5 halaman

PSM Bikin Kejutan Lagi?

Lanjutkan trend positif. Itu yang diusung Bhayangkara Solo FC di matchday kedua Grup B Piala Menpora 2021. Seperti diketahui, Bhayangkara juga meraih kemenangan di pertandingan pertama.

PSM memberi kejutan dengan menaklukkan tim bertabur bintang Persija Jakarta. Sedangkan Bhayangkara mengakhiri perlawanan Borneo FC. Satu kemenangan lagi membuat satu kaki mereka berada di perempat final.

Bhayangkara FC punya kans lebih besar. Karena materi pemainnya lebih unggul. Banyak pemain bintang berkumpul di sini. Seperti Hansamu Yama, Evan Dimas Darmono, M. Hargianto, Adam Alis dan banyak pemain label Timnas Indonesia lainnya.

Pelatih Paul Munster tinggal melihat kondisi siapa yang paling siap jelang pertandingan. Lantaran pemain inti dan pelapis sama tangguhnya.

“Kami sudah menangkan laga pertama. Awal yang bagus dan sekarang fokus lawan PSM Makassar. Ini pertandingan yang sangat dinantikan. Semua ingin memperlihatkan permainan yang terbaik. Untuk komposisi pemain, kami tidak bisa jalaskan sekarang. Karena masih ada satu hari sebelum pertandingan untuk melihat kondisi mereka,” jelas pelatih asal Irlandia Utara tersebut.

3 dari 5 halaman

Tetap Ngotot

Meski unggul materi pemain, Bhayangkara tak memandang PSM sebelah mata karena tim lawan punya pemain lokal yang militan.

Hasim Kipuw dkk. terlihat ngotot melawan tim dengan deretan pemain bintang. Mereka seakan ingin menunjukkan pemain lokal tak kalah dengan klub bermateri pemain top dan asing berbanderol mahal.

Tapi untuk sementara Bhayangkara tidak bisa menurunkan skuat terbaik. Beberapa pemain asing yang sudah tidak belum diberi kesempatan dengan alasan butuh pemulihan kondisi fisik.

“Saat ini kami banyak fokus bermain dengan Renan Silva karena dia sejak pertama latihan sudah gabung. Sedangkan lainnya terlambat,” sambung Munster.

Sebenarnya Bhayangkara masih punya Ezechiel Ndouassel dan Lee Yu Jun. Namun mereka belum dapat garansi bermain. Jika kondisinya sudah siap, Munster akan menurunkannya. Ini sekaligus jadi senjata rahasia Bhayangkara. Karena dua pemain asing itu bisa saja diturunkan sewaktu-waktu.

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Bhayangkara Solo FC (4-4-2): Awan Setho (Kiper); Alsan Sanda, Jajang Mulyana, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (Belakang); TM. Ichsan, Wahyu Subo, Evan Dimas, Sani Rizky (Tengah); Osas Saha, Dendy Sulistyawan (depan)

Pelatih: Paul Munster

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli, Abdul Rachman, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa (belakang); M. Arfan, Rasyid Bakri, Sutanto Tan (tengah); Yakob Sayuri, Patrich Wanggai, Rizky Eka (depan)

Pelatih: Syamsuddin Batolla

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

(Sumber: Bola.com/Penulis: Abdi Satria, Iwan Setiawan, Editor: Wiwig Prayugi, Published: 27 Maret 2021)

KOMENTAR