BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Prediksi Piala Menpora Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar 31 Maret 2021

31-03-2021 09:33 | Gia Yuda Pradana

Piala Menpora 2021 Grup B, Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar (c) Bola.com/Adreanus Titus Piala Menpora 2021 Grup B, Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Borneo FC Samarinda dan PSM Makassar akan berhadapan pada matchday terakhir Grup B Piala Menpora 2021, Rabu (31/3/2021). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Borneo FC sudah tak punya kans lolos ke perempat final. Sementara itu, PSM hanya membutuhkan tambahan satu poin dari laga ini untuk lolos dari Grup B.

Borneo FC sudah sudah menelan dua kekalahan ketika menghadapi Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta. Namun, Borneo FC tidak akan menganggap laga ini sekadar formalitas. Tim berjulukan Pesut Etam itu tetap serius dan bisa menggagalkan hasrat PSM Makassar melaju ke perempat final.

"Kami memang sudah dua kali kalah. Tapi, ini tetap laga penting untuk Borneo FC. Kami bermain serius dan selalu tampil 100 persen," ujar pelatih Borneo FC, Mario Gomez.

Dalam laga terakhir, tim asal Samarinda itu memprioritaskan pemain yang masih minim mendapatkan kesempatan. Namun, rencana ini bukan untuk melemahkan timnya. Sejak awal, Mario Gomez menjadikan turnamen ini sebagai ajang untuk memberikan kesempatan untuk pemain muda, sebut saja Fajar Faturrohman, Komang Teguh, M. Sihran, dan M. Atul Iksan.

Khusus menghadapi PSM, ada pemain kunci Borneo FC yang sudah bisa kembali lagi, seperti Hendro Siswanto, yang sempat mendapatkan kartu merah, dan Diego Michiels yang baru saja pulih dari cedera.

"Kami ingin mencoba pemain. Hendro sudah kembali. Diego mungkin bermain selama 20 menit," ujar pelatih asal Argentina itu.

Mario Gomez meyakini anak buahnya tidak ingin pulang tanpa membawa poin. Pembenahan juga sudah dilakukan sang pelatih sebelum pertandingan. Terutama di lini belakang dan depan. Pada sektor pertahanan, mereka sudah kemasukan lima gol. Sementara di lini depan, belum ada gol yang tercipta.

Tentunya hal ini harus diperbaiki karena PSM yang menjadi lawannya kali ini merupakan tim yang agresif. Mereka punya deretan pemain pemain cepat yang bisa membuat pertahanan Borneo FC kalang kabut. Yakob Sayuri adalah satu di antaranya, yang sukses mencetak gol dalam dua laga yang sudah dimainkan PSM.

"Saya tahu. Kami sudah instruksikan agar pemain meminimalkan kesalahan. Jadi mereka akan bermain normal seperti biasa," ujar mantan asisten pelatih Inter Milan itu.

Mario Gomez melihat Borneo FC masih sering melakukan kesalahan sendiri. Bola hilang karena salah umpan atau minim koordinasi. Itu yang coba diminimalkan agar terhindar dari kekalahan ketika menghadapi PSM Makassar.

1 dari 2 halaman

Tak Mau Meremehkan, PSM Tetap Bermain Agresif

Pemain PSM Makassar, Patrich Steve Wanggai (27), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persija Jakarta dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Senin (22 Pemain PSM Makassar, Patrich Steve Wanggai (27), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persija Jakarta dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Senin (22

Sementara itu, PSM Makassar juga tidak mau memandang remeh Borneo FC meski tim lawan sudah tidak punya peluang untuk melangkah ke perempat final Piala Menpora 2021.

Namun, pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola, menegaskan timnya tidak akan membuang kesempatan besar untuk meraih tiket ke 8 besar Piala Menpora 2021 yang sudah ada di depan mata.

Itulah mengapa Juku Eja tetap akan bermain dengan karakter khasnya, yaitu bermain cepat dan keras ketika menghadapi Borneo FC pada matchday ketiga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Saya tetap menampilkan komposisi terbaik untuk memburu kemenangan. Bukan bermain imbang, meski hasil itu sudah cukup untuk membawa PSM melangkah ke babak selanjutnya," ujar Syamsuddin Batola dalam jumpa media, Selasa (30/3/2021).

Menghadapi tim Pesut Etam, Syamsuddin kembali bertumpu kepada mobilitas dan kejelian Rasyid Bakri sebagai penyeimbang sekaligus pengatur irama permainan dari lini tengah. Sementara dua sisi sayap kembali dilakoni dua pemain energik, Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri.

Sementara untuk posisi striker, Syamsuddin masih menunggu perkembangan terakhir Patrich Wanggai yang absen ketika PSM bermain imbang dengan Bhayangkara Solo FC pada matchday kedua. "Mari kita lihat perkembanganya. Sejauh ini kondisi cedera Patrich mulai membaik," terang Syamsuddin.

Kalau pun Patrich Wanggai belum fit, Syamsuddin bisa memainkan Saldi Amiruddin sejak menit awal untuk mengisi posisi striker.

Sementara itu, Syamsuddin mengungkapkan ia bersama skuatnya mewaspadai kebangkitan Borneo FC yang sudah tersingkir karena dua kekalahan dari Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta.

"Secara permainan, Borneo FC memiliki kecepatan dan koordinasi antarpemain yang tertata. Apalagi, pada pertandingan nanti mereka bermain tanpa beban," terang Syamsuddin.

Senada dengan sang mentor, Rasyid mengungkapkan Borneo FC tentu tidak ingin menelan kekalahan ketiga di Piala Menpora 2021.

"Saya memprediksi laga nanti berlangsung alot dan keras. Kami akan menghadapi Borneo FC dengan semangat siri na pacce khas Makassar," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Bek Persija Jakarta, Marco Motta membobol gawang Borneo FC Samarinda dalam partai penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (27/3/2021) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Bek Persija Jakarta, Marco Motta membobol gawang Borneo FC Samarinda dalam partai penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (27/3/2021) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Borneo FC Samarinda (4-4-2): Angga Saputra; Wildansyah, Javlon Guseynov, Komang Teguh, Leo Guntara; Fajar Faturrahman, Hendro Siswanto, Sultan Samma, Rifal Lastori; Amer Bekic, Terens Puhiri.

Pelatih: Mario Gomez.

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah; Zulkifli, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rachman; Zulham Zamrun, Rasyid Bakri, Sutanto Tan; Yakob Sayuri, Saldi Amiruddin, Rizky Eka.

Pelatih: Syamsuddin Batolla.

Disadur dari: Bola.com/Abdi Satria/Iwan Setiawan/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 31 Maret 2021

KOMENTAR