Prediksi Piala AFC: Tampines Rovers vs PSM Makassar 27 Juni 2022

Asad Arifin | 27 Juni 2022, 09:57
Pemain PSM Makassar melakukan protes pada wasit pada laga melawan Persikabo 1973 di Piala Presiden 2022 (c) Arief Bagus Prasetiyo
Pemain PSM Makassar melakukan protes pada wasit pada laga melawan Persikabo 1973 di Piala Presiden 2022 (c) Arief Bagus Prasetiyo

Bola.net - PSM Makassar akan berjumpa Tampines Rovers pada lanjutan Grup H Piala AFC 2022, Senin 27 Juni 2022. Laga ini akan dimainkan di KLFA Stadium mulai pukul 19.00 WIB, siaran langsung di iNews TV.

Khusus buat skuad Juku Eja, tiga poin jadi krusial untuk menjaga asa ke semifinal zona ASEAN setelah laga perdana bermain imbang tanpa gol dengan Kuala Lumpur City (24/6/2022).

Sedang The Stags (rusa jantan) butuh kemenangan untuk membuka peluang ke babak selanjutnya. Karena pada partai terakhir fase grup Piala AFC 2022, mereka akan menghadapi Kuala Lumpur (30/6/2022).

Pada sesi jumpa media, Minggu (26/6/2022), pelatih PSM, Bernardo Tavares, memilih merendah dalam menyikapi peluang timnya saat menghadapi Tampines Rovers.

Pelatih berpaspor Portugal malah menyebut klub Singapura itu memiliki materi pemain yang berpengalaman. "Mereka juga diuntungkan oleh durasi istirahat yang cukup," ujar Bernardo Tavares. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Persiapan Taktik

Penyerang PSM Makassar, Everton Nascimento (c) Bagaskara Lazuardi

Penyerang PSM Makassar, Everton Nascimento (c) Bagaskara Lazuardi

Menghadapi Tampines, Bernardo Tavares mengaku masih menunggu perkembangan kondisi sejumlah pemain pilarnya yakni Rasyid Bakri dan Yance Sayuri yang ditarik keluar karena cedera pada laga kontra Kuala Lumpur.

Begitu pun dengan gelandang asal Jepang, Kenzo Nambu yang menjalani perawatan intensif sejak berakhirnya babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2022.

Dilain pihak, Bernardo Tavaes harus berpikir keras menyiapkan taktik jitu agar timnya lebih produktif. Pasalnya, dalam empat laga terakhir PSM, hanya satu gol yang mereka ciptakan.

Gol itu terjadi ketika kapten Wiljan Pluim membobol gawang Arema FC pada laga perdana Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (15/6/2022).

2 dari 4 halaman

Tampines Lebih Bugar

Kondisi yang lebih bugar membuat Tampines Rovers lebih diuntungkan pada laga ini. Kemenangan dua gol tanpa balas atas Geylang di Liga Utama Singapura 2022, Sabtu (19/6/2022) jelas jadi modal bagus buat tim asuhan Gavin Lee.

Menilik lima laga terakhir Tampines Rovers di kompetisi lokal, produktivitas gol mereka terbilang dengan mencetak sembilan gol. Striker Tampines Rovers, Boris Kopitovic saat ini memimpin daftar top skorer Liga Utama Singapura dengan 13 gol dari 11 laga.

Perlu juga dicatat, pria 27 tahun dengan tinggi 189 cm ini adalah pencetak satu dari gol Tampines Rovers ke gawang PSM di Piala AFC 2020. Namun, Tampines sejatinya memiliki celah kelemahan di lini belakang. Permainan terbuka ala Tampines kerap jadi bumerang.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah kebobolan mereka dalam lima laga terakhir yakni 11 gol. Praktis dalam lima laga itu, Tampines hanya mencatat satu kali cleansheet ketika menekuk Geylang.

3 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya (kiper); Safruddin Tahar, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan (belakang); M. Arfan, Akbar Tanjung, Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Everton, Rizky Eka (depan)

Pelatih: Bernardo Tavares

Tampines Rovers (4-2-3-1): Syazwan Buhari (kiper); Christopher van Huizen, Shuya Yamashita, Adam Reefdy, Amirul Haikal ((bek); Kyoga Nakamura, Firdaus Kasman (gelandang tengah); Zehrudin Mehmedovic, Yasir Hanapi, Taufik Suparno (gelandang serang); Boris Kopitovic (depan)

Pelatih: Gavin Lee

Disadur dari Bola.com: Abdi Satria/Aryo Atmaja, 27 Juni 2022

4 dari 4 halaman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR