BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Prediksi Persebaya Surabaya vs Barito Putera 9 Juli 2019

09-07-2019 09:30 | Gia Yuda Pradana

Persebaya Surabaya vs Barito Putera (c) Bola.net Persebaya Surabaya vs Barito Putera (c) Bola.net

Bola.net - Persebaya Surabaya akan meladeni Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (09/7). Ini adalah laga tunda dari pekan ke-4 Shopee Liga 1 2019. Bajul Ijo berambisi meneruskan tren kemenangan, sedangkan sang lawan berambisi meraih hasil positif demi mentas dari papan bawah.

Persebaya selalu menang dalam tiga laga terakhirnya. Berturut-turut, Bajul Ijo mengalahkan Borneo FC 2-1 (tandang), Persela Lamongan 3-2 (kandang), dan Persib Bandung 4-0 (kandang). Mereka pun kini berada di peringkat enam dengan koleksi 11 poin dari enam laga (M3 S2 K1).

Pelatih Djadjang Nurdjaman menegaskan ingin meneruskan tren kemenangan itu dengan menaklukkan Barito Putera. Momentum kebangkitan timnya ini harus diteruskan setelah sempat terseok-seok di tiga laga awal.

"Kami ingin mengulang kesuksesan. Yang pasti, kami ingin terus meraih kemenangan, terutama di kandang. Pemain sudah pernah merasakan tidak berhasil meraih tiga poin di kandang, itu masalah besar buat tim," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

"Kami tidak ingin ada masalah lagi. Kami selalu berharap bisa memberikan yang terbaik. Kalau terpeleset lagi, sangat berisiko. Pemain kami akan berjuang sekuat mungkin kembali meraih tiga poin di kandang," imbuhnya.

Masalah besar yang dimaksud oleh Djanur adalah saat timnya hanya bermain imbang 1-1 masing-masing saat menjamu Kalteng Putra (21/5) dan PSIS Semarang (30/5). Saat itu, suporter Persebaya, Bonek, memberikan kritik pedas kepada pemain dan manajemen.

Djanur memastikan motivasi timnya mengalahkan Barito Putera bukan karena tekanan dari suporter semata, melainkan timnya ingin terus melanjutkan hasil positif dan memanfaatkan status sebagai tuan rumah.

"Kemenangan itu pasti diharapkan oleh semua orang yang mencintai Persebaya. Kami sadar punya keinginan meraih kemenangan juga. Ini dikejar bukan karena tekanan, tapi keinginan semua pihak di Persebaya," ujar pelatih berusia 50 tahun itu.

Scroll terus ke bawah.

1 dari 3 halaman

Melawan Catatan Buruk

Di sisi lain, Persebaya punya catatan buruk saat menghadapi Barito Putera di Liga 1. Dua kali bersua, semuanya pada musim lalu, tim berjulukan Bajul Ijo itu selalu takluk di tangan Laskar Antasari.

Persebaya, yang masih ditangani Angel Alfredo Vera, tumbang 1-2 saat menjadi tuan rumah di pekan ketiga Liga 1 2018. Berikutnya, Barito Putera mengalahkan Persebaya, di bawah arahan caretaker Sugiantoro, dengan skor 3-2 pada pekan ke-20.

"Waktu itu saya masih belum menjadi pelatih di sini. Saya tidak ingin mengingat catatan masa lalu. Kami bertanding di kompetisi yang lain tahun ini. Mudah-mudahan hasilnya berbeda dengan tahun lalu," ucap Djanur.

Persebaya terbukti bisa mematahkan catatan itu. Musim lalu, mereka takluk 3-4 dari Persib Bandung di Stadion GBT. Terbaru, Persebaya mampu membalasnya dengan menang 4-0 atas di tempat yang sama, Jumat (5/7). Hal serupa bisa terjadi dengan membalas kekalahan di kandang musim lalu saat menjamu Barito.

2 dari 3 halaman

Menjaga Konsistensi

Barito Putera belum sekali pun meraih kemenangan dalam enam laga yang sudah mereka mainkan. Tiga hasil imbang dan tiga kekalahan menempatkan Barito Putera di posisi 15 klasemen dengan poin tiga.

Barito Putera belum menang, tapi secara perlahan mulai menunjukkan peningkatan. Pergantian pelatih dari Jacksen F Tiago ke Yunan Helmi memberikan sedikit angin segar.

Barito Putera selalu imbang dalam dua laga terakhirnya, yakni 0-0 melawan PSIS Semarang dan 3-3 melawan Perseru Badak Lampung. Namun dua laga itu semuanya adalah laga-laga tandang.

Tren yang cukup apik itu bakal coba diteruskan Barito Putera saat melawat ke markas Persebaya.

"Kami menjalani tiga partai tandang beruntun yang melelahkan. Kami sudah melewati dua laga dengan baik. Tapi, pertandingan dengan Persebaya kali ini paling berat. Kami akan berusaha menjaga konsistensi permainan agar stabil," kata Yunan Helmi.

Dia mengungkapkan banyak perbedaan antara partai melawan PSIS dan Perseru Badak Lampung FC, dua laga tandang yang dijalani sebelumnya, dibandingkan Persebaya.

"Kami tahu tren dan motivasi pemain Persebaya sedang tinggi setelah mengalahkan Persib. Itu jadi pertimbangan saya juga. Belum lagi tekanan dari Bonek di pertandingan nanti. Tapi, kami akan menganggap pertandingan nanti seperti partai lainnya," ujarnya.

Bagi Yunan Helmi, paling penting kesiapan pasukannya baik fisik maupun mental menghadapi tekanan nanti.

"Alhamdulillah, semua pemain dalam kondisi bagus dan siap tarung. Tak ada yang cedera atau akumulasi. Bagi kami tak ada pemain yang harus dijaga secara khusus. Semua pemain Persebaya bisa jadi ancaman bagi kami. Termasuk Amido Balde yang kemarin main gemilang," ucapnya.

Yunan Helmi juga berharap Evan Dimas bisa menyingkirkan beban sebagai idola publik Surabaya.

"Saya tahu publik Surabaya mengidolakan Evan Dimas. Semoga dia tampil lepas. Tapi, saya belum pastikan apakah Evan Dimas main atau tidak," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Sasongko, Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Misbakus Solikin (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan).

Pelatih: Djadjang Nurdjaman.

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper), Andri Ibo, Dandi Maulana, Donny Monim, Roni Beroperay (belakang), Lucas Silva, Paulo Sitanggang, Evan Dimas (tengah), Prisca Womsiwor, Rizky Pora, Samsul Arif (depan).

Pelatih: Yunan Helmi.

Sumber: Bola.com

26 AUG 2019 | 13:00 WIB - #KLYLounge Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

KOMENTAR