Prediksi Perempat Final Piala Presiden 2022: Borneo FC vs PSM Makassar

Serafin Unus Pasi | 3 Juli 2022, 09:00
Perempat final Piala Presiden 2022, Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar (c) Bola.com/Adreanus Titus
Perempat final Piala Presiden 2022, Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Sebuah partai krusial akan tersaji di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (3/7/2022). Sang tuan rumah, Borneo FC akan menjamu PSM Makassar di babak perempat final Piala Presiden 2022.

Secara umum, kekuatan kedua tim relatif seimbang. Mereka pun sama-sama tengah berada dalam tren positif. Tim Pesut Etam berstatus juara Grup B.

Sedangkan skuad Juku Eja baru saja memastikan diri ke semifinal Piala AFC 2022 zona Asean dengan menjadi juara Grup H.

Sorotan khusus tertuju kepada pelatih Borneo FC, Milomir Seslija yang musim lalu menangani PSM di BRI Liga 1 2021/2022. Pria berpaspor Bosnia ini tengah mengintip peluang mencetak sejarah yakni menjadi pelatih pertama yang mampu meraih trofi juara Piala Presiden secara beruntun.

Sebelumnya, pada 2019 ia bersama Arema FC sukses mengalahkan Persebaya Surabaya di final dengan agregat gol 4-2 dalam dua kali pertemuan.

1 dari 4 halaman

Milo Ingin Buktikan Kualitas

Milo, sapaan akrabnya, tentu ingin membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih papan atas kepada manajemen PSM yang mendepaknya jelang pengujung putaran pertama BRI Liga 1 musim lalu.

"PSM musim ini lebih berbahaya. Mereka tampil disiplin dan kompak di setiap laga. Tapi, Borneo tetap berpeluang mengalahkan PSM," tegas Milo pada sebuah kesempatan.

Jelang laga, Milo tengah menunggu perkembangan terakhir dua pilarnya, Diego Michels dan Jonathan Bustos yang tengah berjuang memulihkan cedera.

Seperti diketahui, keduanya absen ketika Borneo melibas RANS Nusantara tiga gol tanpa balas, Selasa (28/6/2022).

Diantara keduanya, sosok Bustos sangat dibutuhkan untuk mengimbangi kekuatan lini tengah skuad Juku Eja yang mengandalkan kaptennya, Wiljan Pluim sebagai kreator serangan.

2 dari 4 halaman

Rekam Aksi Jonathan Bustos dan Wiljan Pluim Di Piala Presiden

Aksi Jonathan Bustos dan Wiljan Pluim sebagai ruh tim sekaligus pencetak gol memang ditunggu pecinta sepak bola. Sejauh ini, keduanya sudah berkontribusi besar buat tim masing-masing.

Bustos misalnya, gelandang asal Argentina tampil pada tiga laga bersama Borneo di Piala Presiden. Dalam tiga laga itu, ia mencetak satu gol dan satu assist.

Pria kelahiran 29 Juni 1994 ini juga tercatat melepaskan enam tembakan, tiga diantanya on target. Sebagai gelandang serang, sosok Bustos dibutuhkan untuk melayani lini depan Borneo FC sekaligus menguji ketangguhan kiper muda PSM, Reza Arya Pratama yang tercatat 14 kali melakukan penyelamatan pada tiga laganya bersama PSM di ajang pra musim ini.

Pluim sendiri tak kalah garang. Pria yang berkostum PSM sejak 2016 menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol buat tim kebanggaan warga Sulawesi Selatan di babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2022.

Ia melakukannya ke gawang Arema pada laga perdana di Stadion Kanjuruhan, Malang, 11 Juni 2022. Pluim pun tercatat melepaskan delapan tembakan, enam diantaranya on target.

3 dari 4 halaman

Peran Penting Bernardo Tavares

Selain, nama-nama tersebut di atas, sosok pelatih Bernardo Tavares tak bisa dikesampingkan. Meski baru pertama kali menangani tim Indonesia, pelatih berpaspor Portugal sudah membuktikan kapasitasnya.

Eks pelatih Al-Hidd SCC (Bahrain) mampu mengembalikan pamor PSM yang sempat jatuh musim lalu. Padahal, materi pemain PSM tak sebaik sebelumnya.

"Tidak gampang membangun sebuah tim yang materi pemainnya mayoritas baru. Tapi, saya lihat coach Bernardo Tavares sangat jeli dalam memahami karakter tim asuhannya. Ia juga piawai dalam melakukan psywar dan provokasi kepada tim lawan," ungkap Raja Isa, eks pelatih PSM.

Raja Isa merujuk pencapaian PSM dalam lima laga resmi pada dua ajang yakni Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022. Wiljan Pluim dan kolega tercatat mengoleksi dua kemenangan, dua imbang dan sekali kalah.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim

Borneo FC (4-3-3): Shahar Ginanjar (Kiper), Diego Michels, Javlon Gusyenov (C), Wildansyah, Leo Guntara (Belakang), Kei Hirose, Jonathan Bustos, Hendro Siswanto (Tengah), Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri (Depan).

Pelatih: Milomir Seslija

PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya (kiper); Safruddin Tahar, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan (belakang); M. Arfan, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Everton, Rizky Eka (depan).

Pelatih: Bernardo Tavares

Sumber: Bola.com/Abdi Satria, Hendry Wibowo, Diunggah 3 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR