BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi dan Peta Persaingan Juara BRI Liga 1: Ada Bali United, Persib, dan Persebaya

18-08-2021 14:36 | Richard Andreas

Logo BRI Liga 1. (c) dok. bolanet
Logo BRI Liga 1. (c) dok. bolanet

Bola.net - BRI Liga 1 2021/22 akan segera bergulir. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia ini akan mempertandingkan 18 top.

Setelah Liga 1 2020 dibatalkan pada awal 2021, dan setelah beberapa kali mengalami penundaan, BRI Liga 1 2021/2022 bakal mulai bergulir mulai 27 Agustus 2021.

Sejumlah klub yang berulang kali berkumpul untuk berlatih, membubarkan latihan bersama untuk berlatih mandiri, kini kembali berkumpul lagi untuk persiapan terakhir jelang kompetisi.

Bali United, juara Liga 1 2019 ,tentu bisa dianggap sebagai juara bertahan karena Liga 1 2020 berhenti dan dibatalkan. Pada Liga 1 2020, yang baru tiga pertandingan dimainkan, Bali United mengoleksi tujuh poin dan berada di peringkat kedua.

Pada musim ini, Serdadu Tridatu diperkirakan masih akan menjadi kekuatan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Bali United masih punya mayoritas skuad saat menjadi juara, mulai dari sang pelatih, Stefano Cugurra, hingga bintang-bintang utama, mulai dari Stefano Liliipaly, Ilija Spasojevic, dan Fadil Sausu.

Dengan sejumlah rekrutan baru, terutama yang didatangkan pada awal musim 2020, Bali United siap untuk bisa mempertahankan gelar juara yang mereka miliki. Bahkan sejumlah rekrutan yang diboyong pada awal 2020 sebenarnya dipersiapkan ketika akan berlaga di Piala AFC.

Namun, kini Bali United akan benar-benar fokus dulu menjalani BRI Liga 1 2021. Sehingga dengan pemain-pemain berkualitas yang mereka miliki, fokus di Liga 1 akan membuat Stefano Cugurra punya banyak senjata yang bisa diandalkan.

Namun, Bali United bukan satu-satunya tim yang berpotensi untuk bisa menjadi juara pada BRI Liga 1 2021/2022. Siapa saja klub lain yang juga punya potensi?

1 dari 2 halaman

Persib dan Persebaya Punya Potensi

Robert Rene Alberts di latihan Persib Bandung (c) Bola.com/Erwin Snaz
Robert Rene Alberts di latihan Persib Bandung (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bicara persiapan tim jelang BRI Liga 1 2021/2022, harus diakui bahwa Persebaya Surabaya merupakan tim yang tetap melakukan latihan bersama saat tim-tim lain menghentikan aktivitasnya karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Aji Santoso terus mengasah soliditas tim asuhannya agar bisa bersaing.

"Saya masih harus banyak memberikan variasi dalam setiap latihan. Kadang kala ada latihan yang menyenangkan yang bertujuan agar anak-anak bergembira. Namun, juga tetap ada latihan serius, dan itu kami kombinasikan," tegas Aji Santoso pada 7 Juli 2021.

Bahkan Persebaya sudah mempersiapkan para pemain asing anyar yang lengkap untuk menggantikan mereka yang pergi karena kompetisi 2020 tidak berlanjut. Bisa dibilang para pemain asing Persebaya yang baru, seperti Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Alie Sesay, dan Bruno Moreira.

Namun, satu hal masih menjadi ganjalan. Apakah keempat pemain asing tersebut bisa dimainkan, mengingat keempatnya masih terganjal regulasi sudah harus menerima vaksinasi untuk bisa tampil di BRI Liga 1 2021/2022.

Sementara itu, Persib Bandung juga harus diwaspadai. Tim asuhan Robert Alberts itu juga punya potensi besar untuk menjadi juara meski ada sejumlah perubahan di dalam skuad, termasuk yang tampil di Piala Menpora 2021.

Robert Alberts menjadikan Piala Menpora 2021 sebagai uji coba tim untuk tampil di BRI Liga 1 2021. Keberhasilan menjadi runner-up dalam turnamen pramusim tersebut tentu menjadi modal yang bagus bagi Persib menatap Liga 1 musim ini. Mayoritas pemain kunci di turnamen tersebut masih dipertahankan, seperti Wander Luiz, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Febri Hariyadi.

Tak hanya itu saja, Persib Bandung juga mendatangkan pemain terbaik Piala Menpora 2021, Marc Klok, yang sebelumnya berseragam Persija Jakarta. Kedekatan antara Klok dan Robert Alberts akan memudahkan dalam hal adaptasi permainan, dan kedatangan pemain naturalisasi asal Belanda itu bisa menjadi tambahan tenaga yang besar di lini tengah.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Persija?

Pelatih Angelo Alessio di sesi latihan Persija (c) Dok. Humas Persija Jakarta
Pelatih Angelo Alessio di sesi latihan Persija (c) Dok. Humas Persija Jakarta

Persija Jakarta punya modal untuk bisa bersaing di papan atas BRI Liga 1 2021/2022. Keberhasilan menjadi juara di Piala Menpora 2021 tentu menjadi awal yang bagus untuk menatap musim ini.

Keberadaan Marko Simic, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Andritany Ardhiyasa, dan Marco Motta, membuat kualitas di setiap lini Persija cukup mumpuni.

Namun, kehilangan sejumlah pemain penting di lini tengah bakal menjadi ujian bagi Persija. Tak hanya kehilangan Evan Dimas yang sudah pergi sejak sebelum Piala Menpora, Macan Kemayoran juga kehilangan Marc Klok yang merapat ke Persib belum lama ini.

Persija belum mendatangkan pemain baru untuk menambal lubang yang ditinggalkan Marc Klok. Persija justru akan mengandalkan pemain muda yang dipadukan dengan pemain-pemain berpengalaman yang sudah ada. Sejumlah pemain muda sudah dicoba saat Piala Menpora, seperti Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Namun, jelang berlaga di BRI Liga 1 2021/2022, Persija belum lagi berlatih di bawah sang pelatih asal Italia, Angelo Alessio. Sang pelatih mengaku masih terjebak di Italia dan tak bisa terbang ke Indonesia karena tidak mendapatkan visa dari pemerintah Indonesia.

Dengan mepetnya waktu persiapan dan belum kembalinya sang pelatih kepala, bagaimana Persija Jakarta menyambut bergulirnya BRI Liga 1 2021/2022? Patut dinantikan saat kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu mulai bergulir pada 27 Agustus mendatang.

Disadur dari: Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo), 18 Agustus 2021

KOMENTAR