BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi BRI Liga 1: PSM Makassar vs Persikabo 1973 26 Oktober 2021

26-10-2021 09:03 | Gia Yuda Pradana

BRI Liga 1: Pemain PSM Makassar, Anco Jansen (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain PSM Makassar, Anco Jansen (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSM Makassar dan Persikabo 1973 akan saling berhadapan pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2021/2022, Selasa (26/10/2021). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off pukul 15:15 WIB, live streaming di Vidio.

PSM Makassar dan Persikabo sama-sama menelan kekalahan pada pekan kedelapan. Juku Eja takluk di tangan Borneo FC dengan skor 1-2, sedangkan Laskar Padjajaran dipermalukan Persita Tangerang dengan skor serupa.

Secara statistik, PSM memiliki modal lebih baik dari Persikabo yang dulunya bernama PS Tira. Dalam empat pertemuan, PSM menang tiga kali dan hanya sekali ditahan imbang. Namun, data ini tak bisa dijadikan acuan mutlak. Apalagi, fakta musim ini, tim asuhan Milomir Seslija dua kali kalah saat diunggulkan ketika ditantang Barito Putera.

Milo, sapaan akrabnya, memahami kendala psikologis timnya. Itulah mengapa Milo meminta Wiljan Pluim dan kolega kembali bermain sesuai karakter khas Juku Eja yakni cepat, keras, dan ofensif.

"Tim telah melakukan evaluasi dan pembenahan. Saya yakin, kalau tampil dengan kemampuan terbaik, PSM bisa mengalahkan Persikabo," ujar Milo.

1 dari 3 halaman

Maksimalkan Recovery

Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Faktor recovery yang terbilang singkat juga menjadi perhatian Milo. Ia pun masih menunggu perkembangan terkini bek sayap kiri, Abdul Rachman yang masih menjalani perawatan intesif karena cedera saat PSM Makassar ditekuk Borneo FC.

Kebugaran lini belakang Juku Eja yang rata-rata berusia kepala tiga wajib dikembalikan karena Persikabo dikenal sebagai tim yang selalu bermain terbuka dan ofensif.

Begitu pun di lini tengah. Peran gelandang jangkar asal Kirgistan Bektur Talgat Uulu harus dioptimalkan untuk mendukung pergerakan Wiljan Pluim yang dipastikan kembali jadi incaran pemain lawan untuk dimatikan.

Saat ditekuk Borneo FC, Bektur hanya duduk manis di bangku cadangan. Sedang para gelandang lokal, M. Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri dan Fajar Handika bakal bersaing untuk mendapatkan menit bermain dari Milo.

Sorotan khusus juga ditujukan kepada Anco Jansen, striker asal Belanda yang menjadi kartu mati di pekan ke delapan. Menurut Andi Coklat, eks jenderal lapangan The Maczman, sebaiknya Jansen lebih sering berada di area 16 Persikabo menunggu umpan dari tengah dan kedua sayap yang memang selama ini jadi kekuatan PSM.

"Jansen juga harus aktif berduel dengan bek lawan ketika mereka memulai serangan dari bawah," tutur Andi Coklat.

2 dari 3 halaman

Bertekad Bangkit

BRI Liga 1: Pemain Persikabo 1973, Hanis Sagara Putra (kanan) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar
BRI Liga 1: Pemain Persikabo 1973, Hanis Sagara Putra (kanan) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Seperti PSM, Persikabo juga terkendala faktor recovery. Seperti diungkap pelatih Igor Kriushenko yang dikenal gemar menerapkan strategi ofensif di setiap laga timnya.

"Recovery pemain yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang permainan tim. Kami juga sudah melupakan kekalahan dari Persita," tegas pelatih asal Belarusia itu.

Igor Kriushenko wajib menjaga penampilan dan mental para pemainnnya kalau tak ingin timnya kesulitan menghadapi PSM. Karena, sejatinya, secara tim, penampilan Persikabo terbilang baik sebelum ditaklukkan Persita.

Pada lima laga sebelum partai itu, Persikabo meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang. Hasil yang membuat mereka stabil berada di papan tengah.

Secara teknis, Persikabo berpotensi lebih dominan pada laga nanti. Apalagi kalau gelandang serang andalannya, Ciro Alves berada dalam kondisi terbaiknya.

Begitu pun gelandang asing lainnya, Sergey Pushnyankov. Di lain pihak, peran Manahati Lestusen sebagai gelandang jangkar sangat dibutuhkan untuk mematikan pergerakan Wiljan Pljuim.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

BRI Liga 1: Pemain Persikabo 1973, Pushniakov Siarhei (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Persikabo 1973, Pushniakov Siarhei (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (Kiper);Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Serif Hasic, Abdul Rahman (belakang); Bektur Talgat Uulu, Sutanto Tan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

Persikabo 1973 (4-2-3-1): Syahrul Fadil; Gilang Ginarsa, Veniamin Shumeyko, Andy Setyo, Ronny Beroperay; Manahati Lestusen, Roni Sugeng; Ciro Alves, Sergey Pushnyankov, Firza Andika; Dimas Drajad.

Pelatih: Igor Kriushenko.

Prediksi: 55-45.

Disadur dari: Bola.com/Abdi Satria/Aryo Atmaja

Published: 26 Oktober 2021

KOMENTAR