BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi BRI Liga 1: PSM Makassar vs Persik Kediri 18 Januari 2022

18-01-2022 09:04 | Gia Yuda Pradana

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSM Makassar dan Persik Kediri akan saling berhadapan pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022, Selasa 18 Januari 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off jam 15:15 WIB, siaran langsung di O Channel dan live streaming di Vidio.

Kedua tim sama-sama sedang terluka. PSM dan Persik menelan kekalahan pada laga pekan ke-19 BRI Liga 1. Skuad Juku Eja ditekuk Persebaya Surabaya dengan skor 1-2. Di sisi lain, Tim Macan Putih kalah dengan skor identik saat menghadapi Persikabo 1973.

Hasil minor itu membuat posisi kedua tim masih tertahan di papan bawah klasemen BRI Liga 1. PSM Makassar bertengger di peringkat ke-11 dengan koleksi 23 poin.

Sementara itu, Persik Kediri yang tak pernah menang dalam tiga laga terakhirnya tertinggal lima poin dari PSM. Tim asuhan Javier Rocha itu hanya unggul dua poin atas Persela Lamongan yang memimpin zona degradasi dengan 16 poin.

Jadi, layaknya tim yang sedang terluka, Juku Eja dan Macan Putih wajib memanfaatkan laga ini jadi momentum kebangkitan.

Dikutip dari laman resmi klub, pelatih PSM, Joop Gall, mendapat tambahan opsi baru di lini depan dengan kehadiran striker anyar Golgol Mebrahtu (Australia) dalam sesi latihan tim sejak Minggu (16/1/2022).

Sebelumnya, pada laga kontra Persebaya, Joop Gall sudah memainkan pemain asing baru PSM Makassar lainnya yakni Adam Mitter, stoper asal Inggris Raya yang sudah dimainkan pada babak kedua.

1 dari 4 halaman

Andalkan Dua Pemain Asing Anyar

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Tambahan dua pemain asing anyar tersebut diharapkan membawa dampak positif pada keseimbangan penampilan tim. Seperti diketahui, produktivitas PSM Makassar pada musim ini terbilang minim.

Di mana mereka hanya membukukan 21 gol dari 19 laga. Ironisnya, gawang tim kebanggaan masyakarat Sulawesi Selatan itu juga rentan dengan 23 kali kebobolan.

Padahal, lini tengah PSM bermaterikan pemain yang terbilang baik di kompetisi kasta tertinggi. Di lini ini ada Wiljan Pluim, gelandang kreator papan atas BRI Liga 1.

Eks Willem II tersebut ditopang sederet pemain pekerja keras seperti Sutanto Tan, M. Arfan, dan Rasyid Bakri. Juga ada gelandang masa depan PSM, Rafli Asrul, yang menimba ilmu sepak bola di program Garuda Select.

Joop Gall pada berbagai kesempatan mengungkapan dirinya percaya dengan kemampuan PSM. Namun Joop Gall mengaku masih butuh waktu untuk mengenal secara detail kemampuan dan karakter pemain asuhannya.

Eks pelatih GO Ahead Eagles itu berharap, dirinya sudah mendapatkan formula yang pas untuk mendongkrak penampilan PSM Makassar.

2 dari 4 halaman

Optimisme Javier Roca

BRI Liga 1: Pemain Persik Kediri, Dionatan Machado dan Youssef Ezzejjari (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Persik Kediri, Dionatan Machado dan Youssef Ezzejjari (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Optimisme serupa ditunjukkan pelatih Persik, Javier Roca. Eks gelandang yang pernah berseragam Persija Jakarta itu mengungkapkan penampilan timnya menunjukkan progres membaik dalam setiap laga.

"Tim ini sedang berproses menuju lebih baik. Jadi, saya berharap pendukung Persik bersabar," ujar Roca yang pernah menjadi top skorer di Piala Indonesia 2005 itu

Pada laga nanti, Roca belum bisa memainkan gelandang asing anyarnya, Marwin Angeles (Filipina) yang masih menjalani karantina. Pada laga nanti, peran sebagai gelandang bertahan dilakoni pemain pinjaman dari Bali United, M. Taufiq, yang akan berduet dengan Fitra Ridwan.

Meski materi Persik sedikit di bawah PSM, Tim Macan Putih diyakini punya potensi membuat kejutan. Seperti diungkap Budiarjo Thalib, pelatih yang membawa Persik promosi ke Liga 1.

"Gaya permainan Persik mirip-mirip Persebaya. Kalau tak waspada, PSM bisa jadi korban serangan balik Persik," pungkas Budiarjo.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus
Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Adam Mitter, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ferdinand Sinaga (depan).

Pelatih: Joop Gall.

Persik Kediri (4-2-3-1): Adi Satryo; Adi Eko Jayanto, Andri Ibo, M. Fisabillah, Agil Munawar; Taufiq, Fitra Ridwan; Antoni Putro Nugroho, Yusuf Meilana, Fahmi Al-Ayyubi; Youssef Ezzejjari.

Pelatih: Javier Roca.

Prediksi: 55-45.

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Disadur dari: Bola.com/Abdi Satria/Rizki Hidayat

Published: 18 Januari 2022

KOMENTAR