BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi BRI Liga 1: PSM Makassar vs Persija Jakarta 7 Desember 2021

07-12-2021 08:56 | Gia Yuda Pradana

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSM Makassar dan Persija Jakarta akan saling berhadapan pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022, Selasa 7 Desember 2021. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off pukul 20:45 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Tim Juku Eja dan Tim Macan Kemayoran sama-sama berada dalam kondisi yang tak ideal. Sejumlah pemain mereka dibekap cedera.

Di kubu PSM, careteker pelatih Syamsuddin Batola dipastikan tak bisa memainkan sang kapten Wiljan Pluim yang harus istirahat selama empat pekan untuk memulihkan cedera lututnya.

Pluim dihantam cedera saat PSM bermain imbang 1-1 dengan Persela Lamongan, Kamis (2/12/2021). Ia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-37 dan digantikan oleh Fajar Handika.

Absennya Pluim jelas jadi pukulan berat buat PSM. Seperti diketahui, kontribusi eks gelandang Willem II itu buat PSM musim ini terbilang besar. Dalam 15 laga PSM di BRI Liga 1, Pluim mencetak dua gol dan empat assist.

Sejatinya, jumlah assist Pluim bisa lebih banyak kalau sejumlah umpan terukurnya mampu dimanfaatkan oleh para koleganya, terutama Anco Jansen. Itulah mengapa, tanpa gelandang yang sudah bergabung sejak 2016 itu membuat variasi serangan PSM Makassar diprediksi bakal menurun tajam.

1 dari 4 halaman

Optimalkan Pengganti Wiljan Pluim

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Namun, Syamsuddin Batola tak mau larut dengan kondisi yang dialami Pluim. Eks bek yang membawa PSM Makassar meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 tersebut menegaskan, bakal mengoptimalkan pemain yang siap tampil.

Berkaca pada penampilan Piala Menpora 2021, Syamsuddin bisa berharap pada Sutanto Tan dan Rasyid Bakri. Keduanya tampil apik pada ajang pra-musim itu bersama M. Arfan sebagai penyeimbang di lini tengah.

Dalam tiga laga menghadapi Persija di Piala Menpora 2021, PSM mencatat satu kemenangan dan dua imbang pada waktu normal. Beruntung pada laga kontra Persija, Syamsuddin Batola kembali bisa memainkan Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw dan Anco Jansen yang baru terbebas dari sanksi kartu kuning.

Syamsuddin Batola juga tinggal menunggu perkembangan terakhir Serif Hasic dan Yacob Sayuri yang tengah menjalani perawatan intensif agar bisa tampil pada laga krusial nanti.

Mantan Direktur Teknik PSM di era Liga Primer Indonesia, Mirdan Midding menilai peluang Juku Eja meraih tiga poin tetap ada, meski tanpa kehadiran Pluim.

"Variasi serangan memang bisa menurun. Tapi, tanpa Pluim, penampilan PSM Makassar bisa lebih berkarakter dan agresif seperti yang mereka tunjukkan di Piala Menpora 2021," tegas Mirdan Midding.

2 dari 4 halaman

Persija Tak Lebih Baik

BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Peluang PSM memetik tiga poin memang ada. Pasalnya, Persija yang baru saja meraih kemenangan atas Persikabo 1973 dengan skor 1-0, kondisinya juga tak lebih baik.

Pelatih Tim Macan Kemayoran, Angelo Alessio, terang-terangan mengeluhkan durasi minim yang didapatkan timnya untuk mengembalikan kondisi fisik.

"Saya bahkan belum tahu berapa banyak pemain yang akan kami miliki di pertandingan selanjutnya," ujar Angelo Alessio di laman resmi klub.

Angelo Alessio merujuk laporan dari tim medis yang mengabarkan Osvaldo Haay butuh waktu untuk memulihkan cederanya. Begitu pun dengan Otavio Dutra dan Novri Setiawan yang terus berpacu dengan waktu agar bisa dimainkan menghadapi PSM.

Beruntung pada laga nanti, Persija kembali bisa menampilkan Riko Simanjuntak yang absen pada laga kontra Persikabo 1973 karena sanksi akumulasi kartu kuning.

Kehadiran Riko membuat serangan dari sisi sayap kembali tajam. Umpan terukur Riko Simanjuntak bisa memanjakan Marko Simic yang gagal memambah koleksi golnya pada pekan ke-15.

Produktivitas gol memang jadi problem tersendiri buat Tim Macan Kemayoran. Bayangkan dari 15 laga musim ini, mereka hanya mengoleksi 16 gol.

Sembilan di antaranya lahir dari aksi Marko Simic. Tujuh gol sisanya dipersembahkan oleh Alfriyanto Nico (3), Rohit Chand (2), Yann Motta, dan Otavio Dutra (1).

Angelo Alessio mengaku kondisi ini tak ideal buat timnya. Itulah mengapa dalam sesi latihan ia terus mengasah kemampuan timnya dalam menjebol gawang. Tapi, hasilnya belum optimal.

"Sebenarnya saya berharap Osvaldo dan Riko sebagai penyerang sayap bisa mencetak gol. Hanya, sejauh ini memang belum maksimal," terang Angelo Alessio.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

BRI Liga 1: Pemain-pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Marko Simic (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
BRI Liga 1: Pemain-pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Marko Simic (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Serif Hasic, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, M. Arfan, Rasyid Bakri (tengah); Yacob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih: Syamsuddin Batola.

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Yan Motta, Maman Abdurrahman, Rio Fahmi (belakang); Rohit Chand, Toni Sucipto, Dwiki Arya (tengah); Rezaldi Hehanusa Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan).

Pelatih: Angelo Alessio.

Prediksi: 50-50.

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1 2021/2022

Disadur dari: Bola.com/Abdi Satria/Rizki Hidayat

Published: 7 Desember 2021

KOMENTAR