Prediksi BRI Liga 1: Persiraja Banda Aceh vs PSM Makassar 13 Desember 2021

Gia Yuda Pradana | 13 Desember 2021, 08:51
BRI Liga 1: Pemain PSM Makassar, Anco Jansen (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain PSM Makassar, Anco Jansen (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persiraja Banda Aceh dan PSM Makassar akan saling berhadapan pada pekan ke-17 BRI Liga 1 2021/2022, Senin 13 Desember 2021. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off jam 20:30 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Duel ini jadi momen pertaruhan terakhir dua pelatih yang sama-sama berstatus careteker. Alasannya, lisensi kepelatihan Akhyar Ilyas yang menangani Laskar Rencong dan Syamsuddin Batola di Juku Eja tak memenuhi persyaratan.

Apalagi penampilan tim tak kunjung membaik setelah manajemen memutuskan kerja sama dengan pelatih sebelumnya yakni Hendri Susilo (Persiraja) dan Milomir Seslija (PSM).

Laskar Rencong misalnya, mereka kian terpuruk di dasar klasemen setelah hanya meraih satu kemenangan, dua imbang dan 13 kalah. Termasuk enam kekalahan beruntun dengan jumlah kebobolan 20 gol serta hanya memasukkan 1 gol.

Begitupun PSM yang ditangani Syamsuddin Batola dalam tiga laga yang berakhir tanpa kemenangan. Termasuk saat dipermalukan tiga gol tanpa balas oleh Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Selasa (7/12/2021).

Hasil ini sekaligus memperpanjang catatan tak pernah menang dalam enam laga terakhir. Pencapaian minor yang membuat Juku Eja terlempar ke papan bawah. Kini, skuad Juku Eja hanya unggul enam poin dari Persipura Jayapura yang berkutat di zona degradasi.

Bagi PSM, situasi ini bukan hal yang biasa di era Liga 1. Dimana sejak 2017, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini selalu berada di jajaran elit kompetisi.

Pada 2017, mereka bertengger di posisi tiga dan naik satu peringkat di musim berikutnya. Di Liga 1 2019, Juku Eja memang berada di peringkat 12 klasemen akhir. Tapi pada tahun sama, Wiljan Pluim dan kolega meraih trofi juara Piala Indonesia.

1 dari 3 halaman

Kondisi Terkini Tim

BRI Liga 1: Persiraja Banda Aceh vs Persib Bandung (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

BRI Liga 1: Persiraja Banda Aceh vs Persib Bandung (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Ironisnya, jelang duel nanti, kondisi kedua tim sedang tidak baik-baik saja. Di Persiraja, Akhyar Ilyas kembali tak bisa memainkan striker andalannya, Paulo Henrique (Brasil) yang masih berkutat dengan cedera panjang.

Padahal diawal BRI Liga 1, aksi Paulo Henrique sempat menuai pujian berkat aksinya dengan mengoleksi enam gol dari sembilan laga. Situasi ini kian sulit karena pemain asing mereka, Leo Lelis (Brasil), Shori Murata (Jepang), dan Vanja Markovic (Serbia) masih terkendala kebugaran. Belum lagi sejumlah pemain lokal juga mengalami nasib sama.

Sedang PSM kembali tak bisa diperkuat sang kapten, Wiljam Pluim yang diharuskan istirahat untuk memulihkan cedera lututnya. Padahal, eks Willem II itu adalah ruh serangan Juku Eja. Terbukti tanpa dirinya, alur serangan PSM ketika menghadapi Persija macet.

Alhasil, pemain Juku Eja terlihat lebih banyak melepaskan umpan panjang ke jantung pertahanan yang mudah diantisipasi oleh lini belakang Persija.

Pada laga nanti, Syamsuddin juga masih menunggu perkembangan terakhir Serif Hasic dan Yakob Sayuri, dua pilar yang sedang menjalani perawatan intensif.

"Kami tetap optimistis PSM bisa meraih kemenangan. Karena secara materi pemain, PSM lebih baik dari Persiraja," tegas Sadat Sukma, Sekjen Red Gank, kelompok suporter PSM kepada Bola.com, Mingggu (12/12/2021).

2 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persiraja Banda Aceh (4-4-2): Aji Bayu Putra (kiper) Muhammad Rifaldi, Hamdan Zamzani, Vanca Markovic, Subhan Fajri (belakang) Redi Rusmawan, Shori Murata, Vanja Markovic, Eeng Supriyadi (tengah) Defri Rizki, Ramadhan (depan).

Pelatih: Akhyar Ilyas (interim).

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Serif Hasic, Hasim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, Rasyid Bakri, M. Arfan (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih: Syamsuddin Batola (interim)

Prediksi: 45-55.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR