Prediksi BRI Liga 1: Persebaya Surabaya vs PSM Makassar 14 Januari 2022

Gia Yuda Pradana | 14 Januari 2022, 09:08
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya dan PSM Makassar akan saling berhadapan pada pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022, Jumat 14 Januari 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar.


Pertandingan ini dijadwalkan kick-off jam 20:45 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Kedua tim butuh tiga poin dengan misi berbeda. Bajul Ijo ingin menjaga asa di jalur juara. Sedang Juku Eja berharap kembali ke papan tengah klasemen.

Modal keduanya jelang laga terbilang baik. Persebaya tak pernah kalah dalam 12 laga terakhirnya. Tim asuhan Aji Santoso baru saja mengantongi empat kemenangan beruntun usai mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 3-2 di Stadion I Wayan Dipta, Senin (10/1/2022).

Sementara PSM Makassar yang ditangani pelatih anyar asal Belanda, Joop Gall kembali ke jalur kemenangan usai menekuk Madura United dengan skor 1-0 di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (8/1/2022).

Situasi ini membuat racikan strategi pelatih dan kondisi terakhir pemain jadi penentu hasil akhir laga. Bila kedua faktor ini jadi acuan, maka Persebaya lebih berperluang memenangkan pertandingan sekaligus membalas kekalahan telak 1-3 pada pertemuan pertama.

Meski timnya lebih diunggulkan, Aji Santoso enggan jemawa. Ia paham betul dengan karakter PSM yang justru terlecut saat berada dalam situasi sulit.

Itulah mengapa Aji Santoso yang membawa PSM meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 ketika masih aktif sebagai pemain merasa perlu melakukan pembenahan dalam timnya agar lebih solid saat berduel dengan PSM. Khususnya di lini belakang yang kebobolan dua gol dari Persikabo.

"Kami kebobolan dengan cara yang hampir mirip. Dua gol Persikabo tak perlu terjadi kalau lini belakang lebih sigap mengantisipasinya," terang Aji Santoso.

Di lain pihak, Persebaya boleh berharap banyak pada Samsul Arif, bomber gaek yang menunjukkan ketajamannya dengan mencetak hattrick ke gawang Persikabo. Catatan apik Samsul ini membuat dirinya mengikuti jejak Amido Balde yang melakukan hal sama ke gawang Persib Bandung di Liga 1 2019 atau menjadi striker lokal pertama yang mencetak hattrick di BRI Liga 1.

Sukses itu sekaligus jadi sinyal Samsul agar dirinya tetap jadi pilihan utama di lini depan meski Persebaya baru saja mendatangkan striker berpaspor Belanda, Arsenio Valpoort.

"Saya termotivasi untuk selalu memperlihatkan kemampuan terbaik dalam latihan maupun pertandingan. Gaya permainan Persebaya Surabaya cocok dengan saya. Alhamdulillah bisa mencetak empat gol dalam dua laga terakhir," ujar Samsul yang sudah mengoleksi enam gol musim ini.

1 dari 3 halaman

PSM Berharap Wiljan Pluim Fit

PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Di lain pihak, PSM Makassar berharap Wiljan Pluim, kapten dan kreator serangan mereka bisa fit jelang laga nanti. Sebelumnya, eks Willem II terpaksa ditarik keluar di babak kedua saat menghadapi Madura United untuk menjaga agar cedera lututnya tak kembali bermasalah. Pada laga itu, Pluim memang lebih banyak bermain agak ke belakang dan tak banyak berlari.

Meski begitu akurasi umpannya tetap terjaga. Malah ketika ia merangsek ke kotak penalti Madura United, PSM mendapat hadiah pelatih setelah Jaimerson da Silva Xavier melakukan pelanggaran terhadapnya. PSM pun memenangkan laga setelah Anco Jansen sukses mengeksekusi penalti itu. Sebelumnya, tanpa Pluim, kualitas serangan menurun tajam ketika menghadapi Persija Jakarta dan Persiraja.

PSM, sementara itu, belum bisa memainkan bek rekrutan anyarnya, Adam Mitter yang masih belum pulih betul dari cederanya. Kondisi ini membuat Ganjar Mukti kembali diplot berduet dengan Hasim Kipuw di jantung pertahanan PSM.

Sementara Anco Jansen yang mencetak dua gol ke gawang Persebaya pada laga pertama kembali jadi tumpuan dilini depan bersama Ferdinand Sinaga dan Yakob Sayuri karena striker anyar PSM, Golgol Mebrahtu masih menjalani karantina.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Franc Rikhart Sokoy (belakang); Rachmat Irianto, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Dallen Doke, Hasyim Kipuw, Ganjar Mukti, Abdul Rachman (belakang); Delfin Rumbino, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ferdinand Sinaga (depan).

Pelatih: Joop Gall.

Prediksi: 55-45.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR