Prediksi BRI Liga 1: Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta 14 Februari 2022

Gia Yuda Pradana | 14 Februari 2022, 09:59
BRI Liga 1: Rohit Chand vs dan Taisei Marukawa di laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Rohit Chand vs dan Taisei Marukawa di laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta akan saling berhadapan pada pekan ke-25 BRI Liga 1 2021/2022, Senin 14 Februari 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta.


Pertandingan ini dijadwalkan kick-off jam 20:45 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Persija Jakarta pekan lalu diterpa badai COVID-19. Situasi itu sampai memaksa laga melawan Madura United ditunda (9/2/2022). Asisten pelatih Persebaya, Mustaqim, menyebutkan Persija akan dalam kondisi yang lebih siap bertarung.

“Saya lihat dengan ditundanya Persija melawan Madura United, beberapa pemain (Persija) akan siap. Tetapi, mudah-mudahan beberapa pemain Persija negatif dan kami bisa bertanding secara adil,” ungkap Mustaqim.

Duel ini bisa dibilang adalah partai klasik yang mempertemukan dua tim besar. Maklum, mereka berasal dari dua kota besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Surabaya. Persija dan Persebaya juga telah bersaing dalam perebutan juara sejak era Perserikatan.

Dua tim ini juga tercatat sebagai tim kolektor gelar kompetisi kasta tertinggi Indonesia sejak lama. Persija Jakarta sudah memenangi sebanyak 11 gelar juara, sedangkan Persebaya Surabaya baru enam kali menjadi kampiun.

1 dari 5 halaman

Antusias Meski Diterjang Badai COVID-19

Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persebaya yang gagal menang dalam tiga laga terakhir harus puas dengan hasil dua seri dan satu kalah. Terbaru, mereka dipaksa bermain imbang 2-2 saat bersua Persela Lamongan di pekan ke-24 (10/2/2022).

Situasi yang dialami oleh Persebaya ini tidak lepas dari badai COVID-19 yang sedang melanda BRI Liga 1 2021/2022. Tim-tim kontestan banyak yang sulit menemukan konsistensi karena komposisi tim hampir selalu tidak lengkap.

Persebaya sudah kehilangan tujuh poin dalam tiga laga terakhir. Jika memenangi tiga laga itu, seharusnya mereka kini bisa mengungguli Arema. Tapi, tantangan situasi saat ini memang tak mudah karena selalu ada pemain yang positif terpapar COVID-19.

“Saya berharap bisa memberikan hiburan yang terbaik untuk pecinta sepak bola nasional. Ini adalah pertandingan besar yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Kami sangat siap. Mudah-mudahan hasil tes PCR sesuai dengan harapan dan kalau bisa pemain banyak yang negatif,” ujar Mustaqim.

“Pemain kami berlatih sangat antusias. Mereka sudah melupakan dua pertandingan kemarin yang hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Mudah-mudahan, pemain kami sudah lengkap saat melawan Persija dan bisa memenangkan pertandingan,” imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Aji Santoso Kemungkinan Besar Absen

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Namun, laga ini terancam tanpa pelatih kepala Aji Santoso. Arsitek asli Malang itu sudah sudah dinyatakan negatif COVID-19, tapi itu hasil tes PCR mandiri. Kepastiannya masih akan didapat dari hasil tes yang dilakukan PT LIB jelang laga.

“Alhamdulillah coach Aji sudah bisa mendampingi tim tadi pagi dan hasil tes PCR mandiri menunjukkan hasil negatif. Mudah-mudahan, sama hasilnya dengan yang dilakukan PT LIB (operator kompetisi),” kata Mustaqim.

Pelatih asli Malang itu terkonfirmasi positif COVID-19 jelang laga kontra Persipura Jayapura pada pekan ke-23 (6/2/2022). Dia pun terpaksa absen dalam laga itu sekaligus menyaksikan timnya kalah 0-2 dari tim Mutiara Hitam.

Berikutnya, pelatih berlisensi AFC Pro tersebut juga masih dinyatakan positif di pekan ke-24 (10/2/2022). Saat itu, Persebaya menghadapi mantan klub Aji, yakni Persela Lamongan, dan dipaksa puas dengan hasil imbang 2-2.

Selama dua laga itu, Persebaya ditemani asisten pelatih Mustaqim. Hasil pertandingan itu sudah membuktikan bahwa Aji Santoso memiliki pengaruh penting buat Persebaya. Tanpanya di pinggir lapangan, tim berjulukan Bajul Ijo tersebut gagal memetik poin penuh.

“Saya mengharapkan itu karena sosok coach Aji adalah penting bagi pemain-pemain kami. Hadirnya coach Aji bisa memberikan yang terbaik buat pemain lebih lengkap dan siap di pertandingan melawan Persija,” ungkap Mustaqim.

“Kami sangat siap. Mudah-mudahan hasil tes PCR sesuai dengan harapan dan kalau bisa pemain banyak yang negatif. Pemain kami berlatih sangat antusias menyambut pertandingan ini,” imbuh pelatih asli Surabaya itu.

Kembalinya Aji Santoso akan sangat dibutuhkan dalam persaingan titel juara BRI Liga 1 2021/2022 yang saat ini semakin sengit setelah pekan ke-24. Komposisi tim lima besar tidak berubah. Namun, tim penghuni posisi di klasemen selalu mengalami pergantian dalam beberapa pekan terakhir.

Persebaya saat ini masih berada di peringkat kelima dengan 44 angka dari 24 pertandingan. Selisih poin mereka semakin lebar dengan puncak karena gagal menang dalam beberapa laga terakhir.

3 dari 5 halaman

Kondisi Serupa Menimpa Persija

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Situasi mirip dialami oleh Persija. Pelatih kepala Sudirman, yang masih menjabat sebagai caretaker, juga belum pulih sepenuhnya setelah dinyatakan positif COVID-19. Macan Kemayoran kemungkinan akan ditemani pelatih kiper Ahmad Fauzi.

Sudirman sempat mendapat perawatan di rumah sakit setelah dinyatakan positif COVID-19 karena tingkat kesadarannya menurun. Kabarnya, dia kini sudah bisa berkomunikasi dengan tim dan diharapkan bisa memberikan instruksi lagi.

“Terkait kondisi coach Sudirman Alhamdulillah kondisi saat ini sudah membaik. Coach Jend (sapaan akrab Sudirman) sudah bisa berkomunikasi,” ujar Ahmad Fauzi.

“Untuk pertandingan besok kami telah mempersiapkan tim dengan baik sesuai arahan pelatih kepala (Sudirman). Insya Allah besok kami akan bertanding dan berjuang untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Persija sendiri berada di bawah bayang-bayang keperkasaan Persebaya. Kedua tim sudah berjumpa enam kali sejak 2018 di semua ajang. Hasilnya Persebaya empat kali menang, dan dua sisanya berakhir seri.

“Insya Allah, besok, kami akan putus rekor tersebut dan berjuang dengan maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga kami bisa mengatasi mereka dengan apa yang telah kami ketahui,” imbuh Fauzi.

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Persija vs Persebaya di pekan 9 BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persija vs Persebaya di pekan 9 BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Arsenio Valpoort, Bruno Moreira (depan).

Pelatih: Mustaqim (asisten pelatih).

Persija Jakarta (4-3-3): Adixi Lenzivio (kiper); Ilham Rio Fahmi, Tony Sucipto, Otavio Dutra, Rangga Wildiansyah (belakang); Syahrian Abimanyu, Rohit Chand, Braif Fatari (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan).

Pelatih: Ahmad Fauzi (pelatih kiper).

Prediksi: 50-50.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR