BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Prediksi BRI Liga 1: Madura United Vs Persib Bandung 4 Desember 2021

04-12-2021 10:15 | Asad Arifin

Wander Luiz (tengah) merayakan golnya bersama Marc  Klok (kiri) dan Geoffrey Castillion di laga pekan 13 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persiraja Banda Aceh vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi
Wander Luiz (tengah) merayakan golnya bersama Marc Klok (kiri) dan Geoffrey Castillion di laga pekan 13 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persiraja Banda Aceh vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persib Bandung bakal meladeni tantangan Madura United pada pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022. Duel yang digelar di Stadion Manahan, Sabtu (4/12/2021) malam WIB itu akan disiarkan langsung Indosiar dan live streaming di Vidio mulai pukul 20.45 WIB.

Persib Bandung mengusung misi untuk bangkit setelah menelan kekalahan dari Arema FC pada laga sebelumnya. Hasil yang membuat Persib gagal memangkas jarak dengan Bhayangkara FC di papan atas.

Bahkan kini posisi mereka sedang melorot dan digeser Arema. Berbeda dengan situasi di Madura United yang pada laga sebelumnya sukses menggasak Barito Putera 3-0. Kemenangan itu membuat Madur United perlahan menembus papan tengah.

Beban Persib semakin bertambah dengan masih tanpa diperkuat dua pemain andalannya, Victor Igbonefo dan Ezra Walian. Sementara Madura United dipastikan tanpa striker asing andalannya, Rafael Silva. Pemain asal Brasil itu mendapat sanksi dari Komdis PSSI karena tingkah laku buruknya.

Duel ini tentu tidak mudah untuk Madura United yang berusaha meneruskan tren kemenangan. Sebab, Persib Bandung tercatat sebagai tim papan atas, menghuni peringkat ketiga klasemen sementara BRI Liga 1.

1 dari 5 halaman

Enggan Jumawa

Skuat Madura United merayakan gol Hugo Gomes Dos Santos Silva ke gawang Persik Kediri, Rabu (24/11/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Skuat Madura United merayakan gol Hugo Gomes Dos Santos Silva ke gawang Persik Kediri, Rabu (24/11/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Kondisi itu membuat pelatih Madura United, Fabio Lefundes, tengah berpikir keras untuk mempersiapkan strategi yang matang. Dia ingin menjaga rekor pertemuan yang apik itu dan tidak terhenti di era kepelatihannya.

“Saya harus bikin strategi bagus, karena saya hadapi tim yang bagus Persib Bandung. Mereka di atas kami di klasemen. Jadi, kami harus bikin pertandingan yang bagus supaya kami dekat mereka di papan atas sana,” kata Fabio Lefundes jelang pertandingan.

Di sisi lain, pihaknya juga tidak terlalu memikirkan situasi Persib yang sedikit pincang. Dia memilih untuk fokus mempersiapkan dan mematangkan tim jelang laga berlabel big match itu. Dia menganalisis Persib merupakan tim kuat yang memiliki materi pemain bagus.

“Fokus bersiap, Madura harus berkonsentrasi untuk persiapan sendiri. Tidak terpengaruh itu (banyaknya pemain Persib absen). Jangan melihat itu sebagai keuntungan hingga kami lalai,” ujar pelatih asal Brasil itu.

“Kami harus pikir ke depan. Kami melangkah bekerja keras untuk bisa membawa tim ini lebih baik lagi di klasemen. Kami akan mempelajari Persib Bandung. Kami akan menyusun rencana membuat tim yang bagus untuk hadapi Persib,” tuturnya.

2 dari 5 halaman

Nick Kuipers Kembali

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers, saat melawan Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers, saat melawan Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Sementara pelatih Persib Bandung, Robert Alberts sedikit lega karena jelang duel melawan Madura United di BRI Liga 1, komposisi pemain di lini belakang sudah tidak ada masalah. Nick Kuipers kembali bisa dimainkan.

Nick Kuipers sebelumnya absen lawan Arema FC lantaran akumulasi kartu kuning sehingga lini belakang Persib krisis lantaran Victor Igbonefo masih bersama Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2020.

Persib harus menggeser Supardi Nasir menjadi bek tengahsaat lawan Arema FC berduet dengan Achmad Jufriyanto. Secara umum lini belakang Maung Bandung sudah sangat siap seiring dengan bisa mainnya Nick Kuipers.

"Nick Kuipers kembali dari masa hukuman dan tidak ada pemain kunci yang mengalami cedera, hanya Zalnando yang terkena akumulasi kartu. Jadi kami bisa punya lebih banyak opsi sekarang, terutama di lini belakang," kata Robert Alberts.

"Kini kami tidak perlu lagi mengubah komposisi bek dan memberikan kepercayaan diri bagi para pemain. Kami juga harus fokus mencetak gol dan memenangkan pertandingan," tegas Robert.

3 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan

05/10/19 Madura United 2 - 1 Persib
23/06/19 Persib 1 - 1 Madura United
09/10/18 Persib 1 - 2 Madura United
04/05/18 Madura United 2 - 1 Persib
19/10/17 Persib 0 - 0 Madura United

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Rendika Rama, Jaime, Kadek Raditya, Alexvan Djin (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyono, Jaja (tengah); David Laly, Silvio Escobar, Haris Tuharea (depan).

Pelatih: Fabio Lefundes (Brasil)

Persib Bandung (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper), Supardi Nasir, Nick Kuipers, Ahmad Jupriyanto, Ardi Idrus (belakang); Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Marc Klok, Esteban Vizcarra (tengah), Geoffrey Castillion, Wander Luiz (depan)

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

5 dari 5 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Disadur dari Bola.com: Erwin Snaz/Aryo Atmaja, 4 Desember 2021

KOMENTAR