Potensi Kerugian Persebaya Buntut Kericuhan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo: Capai 15 Miliar?

Serafin Unus Pasi | 27 September 2022, 20:02
Duel Persebaya Surabaya vs RANS Nusantara FC di pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/23 (c) Dok. RANS Nusantara FC
Duel Persebaya Surabaya vs RANS Nusantara FC di pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/23 (c) Dok. RANS Nusantara FC

Bola.net - Kericuhan yang terjadi usai laga Persebaya Surabaya vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Delta Sidoarjo berbuntut panjang. Tim Kota Pahlawan mendapat sanksi berat dari Komdis PSSI.

Persebaya harus membayar denda sebesar Rp. 100 juta. Tim kebanggaan Arek Suroboyo itu juga dihukum bermain tanpa kehadiran penonton dalam 5 pertandingan.

Hukuman tersebut membuat Persebaya berpotensi mengalami kerugian belasan miliar. Sebab, tim Kota Pahlawan bisa kehilangan pendapatan dari berbagai sektor.

Salah satunya adalah promotion value yang harus diberikan kepada lima sponsor Persebaya musim ini. Benefit seperti sampling produk, interaksi dengan penonton akan hilang akibat sanksi tersebut.

”Semuanya mendapatkan benefit dalam pertandingan. Mulai dari umbul-umbul, sampling produk, a-board, dan sebagainya,” jelas Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, Selasa (27/09/2022).

”Dengan angka penonton Persebaya yang begitu besar, mendekati rata-rata 30 ribu per pertandingan di Gelora Bung Tomo, hitungan kerugiannya mencapai Rp 1 miliar setiap game. Jika lima game tanpa penonton kerugiannya ya Rp 5 miliar,” tegasnya.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Pemasukan dari Tiket

Dikatakan Ram, Persebaya juga bisa kehilangan pemasukan dari tiket pertandingan yang angkanya jauh lebih besar dari promotion value . Nilainya diperkirakan mencapai 9,4 Miliar dalam 5 laga.

Jumlah itu berdasarkan asumsi suporter yang hadir di Stadion Gelora Bung Tomo rata-rata sebanyak 25 ribu tiap pertandingan. Di sisi lain, harga tiket masuknya juga di atas rata-rata.

Sebagai informasi, harga tiket pertandingan Persebaya untuk kategori fans rata-rata seharga Rp. 75 ribu. Sementara untuk kategori Super Fans bisa menembus angka Rp. 250 ribu.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Stadion

Persebaya juga harus memperbaiki sejumlah fasilitas di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang dirusak oknum suporter. Plus membayar denda sebesar Rp. 100 juta.

Sehingga kerugian yang dialami Persebaya akibat kericuhan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo diperkirakan melampaui angka Rp.15 Miliar. Jumlah itu bisa menutupi seperempat dari kebutuhan tim dengan asumsi setiap musim menghabiskan dana Rp. 60 Miliar.

Khusus untuk perbaikan kerusakan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Persebaya mendapat bantuan dari Bonek Mania senilai 51 juta. Mereka menggalang dana sebagai bentuk tanggung jawab atas kejadian 15 September.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR