BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Piala Presiden 2020 Ditiadakan, Persipura Tanggapi Positif

30-01-2020 07:48 | Ari Prayoga

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Aditya Wany Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Persipura Jayapura senang dengan ditiadakannya gelaran Piala Presiden sebagai ajang pramusim pada tahun ini. Mutiara Hitam -julukan Persipura Jayapura- menilai bahwa tidak adanya Piala Presiden pada musim ini justru membuat persiapan mereka lebih bagus.

"Kami melihat hal ini justru lebih baik. Saya pribadi bersyukur," ucap Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago.

"Jeda waktu jelang kompetisi ini sangat singkat. Tidak ada cukup waktu untuk ajang turnamen. Kalau ajang ini ada, kami justru harus mengabaikan persiapan kompetisi yang lebih panjang," sambungnya.

Menurut Jacksen, jika memang turnamen pramusim ini tetap ada, yang menjadi taruhan adalah prestasi tim di ajang liga. Tim-tim yang ngoyo pada ajang pramusim, sambung pelatih asal Brasil ini, rentan jeblok dan keteteran di liga.

"Lihat saja Arema kemarin. Bagaimana prestasi Arema di liga musim lalu? Demikian pula klub-klub yang all-out di ajang pramusim," tuturnya.

Sebelumnya, dalam acara RUPS PT LIB ditetapkan bahwa kompetisi Liga 1 musim 2020 akan dimulai pada 29 Februari. Sementara, pada ajang Kongres Tahunan PSSI, akhir pekan lalu, diputuskan bahwa musim ini tak akan dibuka dengan gelaran Piala Presiden.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Gelar Uji Coba

Sementara itu, Jacksen mengaku sudah menyiapkan sejumlah alternatif program untuk menggantikan Piala Presiden. Untuk memberi nuansa kompetitif, menurut pelatih 51 tahun tersebut, tim pelatih dan manajemen sudah menyiapkan sejumlah agenda uji coba.

"Uji coba saja sudah sangat cukup," tegas Jacksen.

"Seandainya ada turnamen seperti trofeo atau turnamen jangka pendek mungkin lebih bagus. Namun, untuk kompetisi yang terlalu panjang seperti ajang Piala Presiden bagi saya tidak bisa," ia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Tim Siap

Lebih lanjut, Jacksen yakin bahwa tim-tim lain pun sama dengan Persipura, lebih suka Piala Presiden musim ini ditiadakan. Pasalnya, sambung mantan Pelatih Timnas Indonesia tersebut, belum ada tim yang benar-benar siap sejauh ini.

"Coba saja dilihat, mana tim yang sudah siap sampai saat ini. Banyak di antara mereka yang komposisi pemainnya belum lengkap," kata Jacksen.

"Semua tim belum lengkap. Ini yang harus diingat," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR