BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Piala AFC 2020: PSM Makassar vs Kaya FC, Lawan Tangguh Juku Eja

10-03-2020 09:16 | Gia Yuda Pradana

PSM Makassar (c) Bola.com/Yoppy Renato PSM Makassar (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - PSM Makassar akan menghadapi Kaya FC dalam laga lanjutan Grup H Piala AFC 2020. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3/2020) sore. Wakil Filipina ini adalah lawan tangguh bagi Juku Eja.

Juku Eja butuh kemenangan atas Kaya FC, yang belum tersentuh kekalahan maupun kebobolan pada dua laga awal. PSM wajib tampil kreatif dalam menyerang untuk mewujudkan target tiga poin.

Kaya FC dikenal memiliki pertahanan dan kolektivitas tim yang solid. Bila lawan lengah dan kehilangan konsentrasi, skuat besutan Yu Hoshide kerap 'menghukum' lawan via serangan balik yang cepat.

Fakta dua laga awal yang dimainkan Kaya FC di Piala AFC 2020, penguasaan bola mereka terbilang minim. Malah saat menjamu Tampines Rovers (26/2/2020), penguasaan bola Kaya FC hanya mencapai 26 persen.

Kelebihan Kaya FC inilah yang membuat situasi jadi tak mudah buat PSM. Apalagi pada pertandingan nanti, pelatih PSM, Bojan Hodak tak bisa memainkan kreator serangan, Wiljan Pluim, yang masih menjalani sanksi.

Gelandang pilar lainnya, Rizky Pellu masih diragukan kebugarannya setelah cedera pergelangan kaki saat PSM bermain imbang 1-1 dengan Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020 (6/3/2020).

Lini belakang PSM pun rentan menghadapi serangan balik. Kelemahan yang membuat gawang PSM selalu kebobolan pada enam laga kompetitif yang sudah mereka mainkan musim ini.

Menghadapi Kaya FC, Bojan tentu sudah menyiapkan strategi yang pas untuk mewujudkan target tiga poin. Termasuk kemungkinan menggunakan opsi memainkan Serif Hasic di lini tengah.

Sejatinya, Hasic adalah stoper. Namun, dengan skill yang dimilikinya, pemain berpaspor Bosnia ini bisa berperan sebagai jangkar. Sedangkan untuk pengganti Hasic di lini belakang, Bojan punya Hasim Kipuw, Dedi Gusmawan dan Ahmad Agung yang bisa diduetkan dengan Hussein El Dor.

Di lini depan, Bojan wajib memainkan Ferdinand Sinaga sejak menit awal untuk memburu gol. Pada ajang Piala AFC 2020, eks striker Persib Bandung ini paling produktif di Juku Eja.

Sejak babak play off, Ferdinand selalu menjebol gawang lawan dengan koleksi 6 gol. Pada berbagai kesempatan, Bojan tanpa sungkan mengakui Ferdinand sebagai pemain penting di PSM.

"Ferdinand adalah pemain yang dibutuhkan oleh pelatih. Motivasi dan kejeliannya memanfaatkan peluang jadi penentu skor akhir pertandingan," terang Bojan.

1 dari 2 halaman

Tim Tamu Lebih Bugar

Sementara itu, Kaya FC datang ke Jakarta dalam kondisi bugar. Sejak menjamu Tampines Rover (26/2/2020), anak asuhan Yu Hoshide tak bermain pada laga kompetitif.

Sebaliknya, PSM harus berjibaku di Shopee Liga 1 2020 menghadapi PSS Sleman (1/3/2020) dan Persita Tangerang (6/3/2020).Kondisi bugar yang tentunya mendukung cara bermain Kaya FC yang mengandalkan fisik dan kolektivitas tim. Meski begitu, Hoshide tetap respek dengan PSM yang dinilainya memiliki kualitas pemain yang baik.

"Striker yang dimiliki PSM kuat, cepat dan tajam. Kami harus bermain solid serta seimbang dalam bertahan dan menyerang untuk mengimbangi mereka," kata Hoshide.

Musim lalu, Kaya FC sempat menyulitkan PSM pada fase grup. Bertanding di Stadion Pakansari Bogor, Kaya FC menyamakan kedudukan 1-1 pada pengujung pertandingan.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Hilmansyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Hussein El Dor, Dedi Gusmawan, Firza Andika (belakang); M. Arfan, Serif Hasic, Rasyid Bakri, Ferdinand Sinaga (tengah; Giancarlo Rodrigues, Osas Saha (depan).

Pelatih: Bojan Hodak (Kroasia).

Kaya FC (4-4-2): Louie Casas (kiper); Jalsor Soriano, Carlyle Mitchell, Simone Rota, Marco Casembre (belakang); Daizo Horikoshi, Masanari Omura, Marwin Angeles, Jayson Panhay (tengah); Jovin Bedic, Takumi Uesato (depan).

Pelatih: Yu Hoshide.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Abdi Satria/Editor Wiwig Prayugi

Published: 10 Maret 2020

KOMENTAR