BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Persipura Jayapura Sebut Lanjutkan Kompetisi Dalam Kondisi Pandemi Tak Etis

17-05-2020 11:25 | Gia Yuda Pradana

Latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan Latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Persipura Jayapura membeber pendapat mereka soal kemungkinan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 digulirkan lagi sesuai rencana. Mutiara Hitam -julukan Persipura Jayapura- menilai melanjutkan kompetisi dalam kondisi seperti sangat tak etis.

"Bagi kami, memaksakan kompetisi di tengah bencana adalah tidak manusiawi," kata Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, dalam rilis yang diterima Bola.net, Minggu (17/5/2020).

"Sekali lagi, bagi Persipura, jauh lebih penting bangsa ini dipulihkan terlebih dahulu baru sepak bola kita bisa jalan dengan baik," sambungnya.

BTM, sapaan karib Benhur Tomi Mano, melanjutkan bahwa semua pihak harus menghargai upaya-upaya penanggulangan pandemi Corona. Tidak ada yang boleh egois dalam masa-masa seperti ini, termasuk memaksakan kompetisi berjalan lagi di tengah pandemi ini.

"Kita harus tunjukkan respek kita kepada pemerintah dan presiden, yang sedang bekerja keras menanggulangi pandemi Corona ini," tutur BTM.

"Kita harus dampingi pemerintah. Jangan egois dan mementingkan kepentingan kita saja, sangat tidak elok," Wali Kota Jayapura ini menegaskan.

Sebelumnya, PSSI memastikan bahwa Bulan Maret, April, Mei, dan Juni merupakan status keadaan tertentu darurat bencana. Hal ini tak lepas dari merebaknya penyebaran virus Corona di Indonesia.

Dengan keputusan tersebut, PSSI menunda jadwal lanjutan kompetisi sampai 29 Mei 2020. Jika status darurat bencana tidak diperpanjang pemerintah, kompetisi akan dihelat mulai 1 Juli 2020.

Namun, jika pemerintah memperpanjang status darurat bencana, atau PSSI menganggap kondisi belum ideal, maka musim kompetisi ini akan dihentikan.

Belakangan, sempat muncul sejumlah wacana agar kompetisi dilanjutkan. Namun, banyak juga pihak yang meminta agar kompetisi musim ini benar-benar dihentikan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Harap Semua Peduli Pandemi

Para pemain dan wasit Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo Para pemain dan wasit Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo

Lebih lanjut, BTM mengajak agar semua pihak untuk peduli dengan pandemi Corona, yang merebak di nyaris seluruh penjuru Indonesia. Ia berharap semua pihak juga bisa mengikuti anjuran dan saran pemerintah.

"Kita jelas prihatin dengan situasi saat ini. Karenanya, kita harus terus berdampingan dengan pemerintah pusat untuk sama-sama berusaha menanggulangi wabah corona ini," ucap BTM.

"Kita doakan juga agar Tuhan pulihkan kembali Bangsa Indonesia dari wabah corona ini," ia menambahkan.

Sebagai bentuk kepedulian mereka, Persipura pun melakukan tindakan nyata. Mereka menyumbangkan subsidi tahap kedua mereka untuk menanggulangi dampak Corona.

"Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap bencana nasional ini, maka saya putuskan bahwa, Persipura Jayapura tidak akan mengambil subsidi tahap kedua dari LIB," kata BTM, beberapa waktu lalu.

"Saya sudah perintahkan Manajer untuk kirim surat ke LIB dan minta agar subsidi tahap kedua milik Persipura Jayapura ditransfer langsung ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional sebagai sumbangan. Jumlahnya berkisar Rp 350 juta sampai Rp 520 juta," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR