BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Persipura Jayapura Bantah Gantikan Persija Jakarta ke Piala AFC 2021

20-12-2020 22:17 | Dimas Ardi Prasetya

Latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Persipura Jayapura meluruskan kabar yang beredar belakangan ini bahwa mereka menggantikan posisi Persija Jakarta sebagai salah satu wakil Indonesia pada Piala AFC 2021. Mutiara Hitam -julukan Persipura Jayapura- menyebut bahwa terpilihnya mereka mewakili Indonesia bukan untuk menggantikan siapa pun.

"Perlu saya tegaskan, Persipura Jayapura lolos ke AFC Cup karena permintaan langsung dari AFC, berdasarkan aturan yang berhak dan bukan menggantikan siapa-siapa. Persipura menuntaskan kompetisi di peringkat ketiga, maka Persipura berhak untuk itu," kata Asisten Manajer Persipura Jayapura, Ridwan Madubun, dalam rilis yang didapat redaksi Bola.net, Minggu (20/12).

"Jadi, penggunaan kata 'menggantikan' bagi saya tidak tepat dan mengganggu. Itu bukan haknya runner-up Piala Indonesia, jadi tidak diganti," sambungnya.

Menurut pria yang karib disapa Bento tersebut, ada kesalahan terkait disodorkannya nama Persija -untuk menemani Bali United- ke ajang Piala AFC 2021. Dan, sambungnya, kesalahan ini bukan kesalahan Persija Jakarta.

"Yang salah adalah yang menunjuk runner-up Piala Indonesia. Siapa? Exco. Mereka yang putuskan itu, jadi mereka yang salah. Jelas Persija tidak salah karena penunjukkan itu," tutur Bento.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Beber Kronologi

Lebih lanjut, Bento pun membeber penunjukan Persipura sebagai salah satu wakil Indonesia dalam Piala AFC 2021. Hal ini diawali dengan disodorkannya nama Bali United dan Persija Jakarta oleh PSSI untuk mewakili Indonesia.

"Saya tidak sebut menunjuk, karena menurut saya PSSI tidak berhak menunjuk atau memutuskan. AFC lah yang berhak untuk itu. Kemudian, AFC menolak Persija karena runner-up Piala Indonesia tidak ada di entry," papar Bento.

"Mereka kemudian meminta sesuai entry manual, yaitu peringkat ketiga liga. Itu kan clear, karena itu haknya peringkat ketiga liga. Jadi untuk lebih jelas ya harus seperti itu, jangan dibungkus-bungkus lagi," ia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Cooling Down

Lebih lanjut, Bento menegaskan bahwa Persipura tak mau suasana tak kondusif. Karenanya, mantan Media Officer Persipura ini berharap agar semua pihak untuk cooling down.

"Kami juga sudah lelah dengan semua ini. Jangan lagi jadi panjang, mari kita sudahi," tutur Bento.

Bento pun berharap PSSI bisa lebih lebih fokus untuk menyiapkan kelanjutan kompetisi, yang sejauh ini masih terus tertunda.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR