BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Persipura Apresiasi Pemain Asing yang Tak Mudik di Tengah Pandemi

01-09-2020 09:53 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Vincentius Atmaja Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Vincentius Atmaja

Bola.net - Persipura Jayapura sudah kehilangan satu striker asingnya, Sylvano Comvalius. Pemain Belanda itu mengundurkan diri, karena tak bisa meninggalkan anak dan istrinya di tengah pandemi virus corona.

Kini, tinggal bek Arthur Cunha yang belum bergabung dalam pemusatan latihan di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu. Arthur masih berada di Brasil menunggu dokumen yang akan diberikan kepada pihak imigrasi sebagai syarat masuk ke Indonesia.

Pemain berusia 30 tahun tersebut sepakat untuk melanjutkan kontraknya dengan tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut.

"Arthur tinggal menunggu satu dokumen saja agar dia bisa kembali ke Indonesia. Semoga pekan ini dua sudah ada bersama kami," harap pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago.

Di tengah menunggu kedatangan Arthur, kubu Persipura memberikan apresiasi kepada staf dan pemain asing yang memilih bertahan di Indonesia. Sehingga mereka tidak terlambat bergabung ketika latihan Persipura kembali dimulai.

Tim pelatih yang berasal dari Brasil semua lengkap, seperti Jacksen Tiago, pelatih kiper Gerson Rios, dan pelatih fisik Breno Araujo Rocha. Sementara itu, pemain asing yang bertahan di Indonesia adalah Takuya Matsunaga (Jepang) dan Thiago Amaral.

"Semua yang ada sekarang di tim memang tidak pulang ketika pandemi virus corona. Waktu itu kami memilih bertahan, karena belum tahu situasi ke depan seperti apa," ujar Jacksen.

"Kalau kami pulang, tentu urusannya tidak sekedar membeli tiket untuk kembali ke Indonesia, karena pasti susah," lanjut pelatih Persipura itu.

1 dari 1 halaman

Tak Memberi Teguran

Arthur Cunha da Rocha (c) Bola.com/Iwan Setiawan Arthur Cunha da Rocha (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Namun, Jacksen tidak akan memberi teguran kepada pemain yang pulang kampung seperti Arthur Cunha. Itu sudah jadi pilihan masing-masing individu.

"Saya tidak memberikan batasan waktu kepada pemain yang belum gabung. Karena mereka memiliki kontrak dengan manajemen Persipura. Itu wilayah manajemen tim," sambungnya.

Khusus untuk Tiago dan Matsunaga mendapat keuntungan karena tidak tertinggal mengikuti latihan fisik dengan pemain lain. Sejak menggelar pemusatan latihan di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu pada 20 Agustus lalu, keduanya sudah hadir di lapangan.

Tiago dan Matsunaga juga tidak terjebak dengan kerumitan urusan imigrasi, seperti yang dialami Arthur dan pemain asing klub lain yang sempat pulang ke negaranya masing-masing beberapa waktu lalu.

Disadur dari: Bola.com/Iwan Setiawan/Rizki Hidayat

Published: 31 Agustus 2020

KOMENTAR