Persija Jakarta Juara Piala Menpora 2021!

Richard Andreas | 25 April 2021, 23:32
Skuad Persija Jakarta merayakan gol ke gawang Persib Bandung, final Piala Menpora 2021. (c)  Muhammad Iqbal Ichsan
Skuad Persija Jakarta merayakan gol ke gawang Persib Bandung, final Piala Menpora 2021. (c) Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Minggu (25/4/2021), Persija membungkus trofi dengan kemenangan agregat 4-1 atas Persib Bandung di leg kedua babak final.


Duel yang digelar di Stadion Manahan, Solo, ini berlangsung sengit sejak menit awal. Persija membawa modal kemenangan 2-0 di leg pertama dan tampil agresif.

45 menit pertama berakhir dengan skor imbang. Persib semakin tertekan, Persija kian percaya diri.

Persija membuka keunggulan di menit ke-51 melalui Osvaldo Haay. Persib sempat menyamakan kedudukan melalui tembakan Ferdinand Sinaga di menit ke-84.

Namun, pada akhirnya Persija mengunci gelar juara lewat gol Riko Simanjuntak di injury time. Leg kedua berakhir dengan skor 2-1, agregat kemenangan 4-1 untuk Persija.

Gelar ini layak didapatkan tim arahan Sudirman yang memang berjuang keras sejak fase grup. Begini kilas balik singkat perjalanan Persija dalam menjuarai Piala Menpora 2021

1 dari 4 halaman

Fase grup: Juara grup B

Bek Persija Jakarta, Marco Motta membobol gawang Borneo FC Samarinda dalam partai penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (27/3/2021) (c) Bola.net/Ikhwan YanuarBek Persija Jakarta, Marco Motta membobol gawang Borneo FC Samarinda dalam partai penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (27/3/2021) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Persija mengawali Piala Menpora 2021 ini dengan baik. Meski begitu, performa mereka belum benar-benar maksimal sejak awal.

Persija tampil cukup baik di fase grup. Mereka menjuarai Grup B dengan 6 poin, hasil dari dua kemenangan dan satu kali kalah.

Di bawah Persija ada PSM Makassar yang juga jadi salah satu tim top.

2 dari 4 halaman

Perempat final: Tundukkan Barito

Persija Jakarta merayakan gol Marko Simic ke gawang Barito Putera pada perempat final Piala Menpora 2021 (c) Muhammad Iqbal IchsanPersija Jakarta merayakan gol Marko Simic ke gawang Barito Putera pada perempat final Piala Menpora 2021 (c) Muhammad Iqbal Ichsan

Persija melangkah ke babak perempat final sebagai juara grup. B. Mereka sudah ditunggu Barito Putera, bukan lawan mudah.

Meski begitu, Persija masih berada satu level di atas Barito. Kualitas pemain Macan Kemayoran lebih matang.

Persija menang tipis dengan skor 1-0 lewat gol Marko Simic di menit ke-61. Meski hanya satu gol, menang tetaplah menang. Persija berhak melangkah ke semifinal.

3 dari 4 halaman

Semifinal: Menang tipis atas PSM

Selebrasi pemain Persija Jakarta usai memenangkan adu penalti dalam pertandingan semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 melawan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). (c) Bola.com/Ikhwan YanuarSelebrasi pemain Persija Jakarta usai memenangkan adu penalti dalam pertandingan semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 melawan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Di semifinal, Persija ternyata bertemu lagi dengan PSM, rival grup B yang sama. Semifinal Piala Menpora 2021 kali ini digelar dalam dua leg.

Leg pertama berakhir imbang 0-0. Persija bermain dengan 10 orang dalam 10 menit akhir, PSM gagal memanfaatkannya.

Di leg kedua, laga juga terkunci 0-0 dalam 90 menit. Berlanjut ke adu penalti, Persija menang dengan empat penembak sukses, sedangkan PSM hanya dengan tiga penembak sukses

4 dari 4 halaman

Final: Perkasa atas Persib

Skuad Persija merayakan gol Osvaldo Haay ke gawang Persib dalam partai final leg kedua Piala Menpora, Minggu (25/4/2021) (c) Bola.net/Muhammad Iqbal IchsanSkuad Persija merayakan gol Osvaldo Haay ke gawang Persib dalam partai final leg kedua Piala Menpora, Minggu (25/4/2021) (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Berlanjut ke final, Persija sepertinya punya motivasi lebih lawan Persib. Mereka tidak hanya menang tipis seperti dua fase sebelumnya.

Di leg pertama Persija menang telak dengan skor 2-0. Permainan Persib jelas tidak maksimal, Persija unggul segalanya di lapangan.

Lalu, di leg kedua, Minggu (25/4) tadi, Persija mengunci gelar juara mereka. Mereka lagi-lagi menang dengan skor 2-1 dan berhak jadi juara dengan agregat 4-1.

Trofi Persija ini pun menjadi langkah penting bagi sepak bola Indonesia yang terlalu lama beristirahat karena pandemi virus corona.

Sumber: Bola, Bola.com

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR