Persija dan Persib Masuk 3 Besar Klub Terpopuler di Asia

Abdi Rafi Akmal | 16 November 2022, 07:17
Persija dan Persib Masuk 3 Besar Klub Terpopuler di Asia
Pemain-pemain Persija Jakarta merayakan gol Michael Krmencik (kiri) (c) Media Persija

Bola.net - Dua klub Indonesia, Persija Jakarta dan Persib Bandung masuk dalam 3 besar klub terpopuler di Asia. Penilaian itu berdasarkan jumlah interaksi di Instagram pada bulan Oktober 2022.

Menurut data yang dirilis perusahaan statistik media sosial, Deportes & Finanzas pada 15 November 2022, Persija dan Persib menempati posisi kedua dan ketiga. Mereka hanya kalah dari klub India, Kerala Blasters.

Masuknya Persija dan Persib dalam daftar klub terpopuler di platform instagram sebenarnya tidak mengejutkan. Sebab, keduanya memang punya jumlah pengikut yang cukup besar.

Ya, followers Persib dan Persija di instagram menembus angka jutaan. Di Indonesia, hanya ada 5 tim sepak bola yang jumlah pengikutnya lebih dari satu juta.

Berikut 3 klub terpopuler di Asia berdasarkan jumlah interaksi di platform instagram menurut data Deportes & Finanzas. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Persib Bandung

Henhen Herdiana (kanan) merayakan golnya ke gawang Barito Putera bersama Ciro Alves (kiri), Jumat (16/9/2022) (c) Dok.Persib Bandung

Henhen Herdiana (kanan) merayakan golnya ke gawang Barito Putera bersama Ciro Alves (kiri), Jumat (16/9/2022) (c) Dok.Persib Bandung

Persib Bandung menempati posisi ketiga klub terpopuler di Asia berdasarkan platform instagram. Jumlah interaksinya mencapai 11,5 juta.

Persib Bandung merupakan salah satu klub yang cukup populer di Indonesia dengan basis suporter yang cukup besar. Mereka juga punya jutaan pengikut di instagram.

Per 15 November 2022, jumlah followers akun instagram resmi Persib mencapai 6,1 juta. Mereka juga mengunggah 13,5 ribu postingan.

2 dari 3 halaman

Persija Jakarta

Selebrasi Michael Krmencik di laga Barito Putera vs Persija Jakarta, BRI Liga 1 2022/23 (c) AP Photo

Selebrasi Michael Krmencik di laga Barito Putera vs Persija Jakarta, BRI Liga 1 2022/23 (c) AP Photo

Meski jumlah followers lebih kecil dari Persib Bandung, Persija mampu menjadi klub terpopuler kedua di Asia. Jumlah interaksi di instagram Macan Kemayoran mencapai 13,2 juta.

Hingga 15 November 2022, jumlah followers akun instagram resmi Macan Kemayoran mencapai 3,4 juta. Jumlah postingan mereka juga baru 10,3 ribu.

Sama seperti Persib, Persija juga punya basis suporter yang besar. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa tim ibu kota itu menjadi tim favorit kedua di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kerala Blasters

Kerala Blasters merupakan klub yang mentas di Liga Super India dan berbasis di Kochi, Kerala. Tim ini tergolong baru, karena didirikan pada 27 Mei 2014 atau sekitar 8 tahun lalu.

Namun, Kerala Blasters mampu menjadi klub terpopuler di Asia berdasarkan angka interaksi platform instagram. Jumlahnya mencapai 24,7 juta.

Meski jumlah interaksinya dua kali lipat Persib dan Persija, jumlah followers-nya lebih kecil. Klub berjuluk Manjappada itu baru diikuti 3,2 juta akun di instagram.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR