BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Persiba Relakan Okto Maniani Jadi PNS
29-08-2016 10:33

Okto Maniani (c) ISC Okto Maniani (c) ISC
Bola.netBola.net - Persiba Balikpapan menerima keputusan Oktavianus Maniani yang memilih meninggalkan klubnya untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tanpa Okto, tim berjuluk Beruang Madu itu tetap tim yang solid.

Seperti diketahui, mantan pemain tim nasional (timnas) Indonesia tersebut memilih beralih profesi menjadi PNS di Kabupaten Raja Ampat, Papua. Dengan keputusan itu, dipastikan Okto akan mengakhiri karier sepakbolanya dari turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Pelatih Persiba, Jaino Matos mengaku mendukung keputusan Okto. Sebab, dia menilai tidak selamanya pemain  menggantungkan nasibnya di sepakbola.

"Tidak apa-apa, Okto memilih masuk PNS kami dukung. Memang pemain bola mesti berpikir kehidupan setelah karier di sepakbola selesai," ujar Jaino saat dihubungi Bola.net, Senin (29/8).

Namun demikian, pelatih asal Brasil ini menegaskan bahwa kekuatan timnya tidak akan berbeda. Filosofi Jaino tentang sepakbola akan selalu ada.

"Dengan kepergian dia kami tidak masalah karena tidak mengubah permainan tim secara keseluruhan. Kami punya pola dan filosofi permainan sendiri," katanya.

"Kami punya 24 pemain dan semua bisa main sesuai kebutuhan tim. Siapa pun pergi, filosofi kami tetap jalan," tambahnya. 

Luis Garcia Yakin Xabi Alonso Akan Sukses Sebagai Pelatih Masa Depan
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

KOMENTAR