BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Persib Sambut Gembira Opsi PSSI Lanjutkan Kompetisi

02-06-2020 23:44 | Dimas Ardi Prasetya

Persib Bandung (c) Bola.net/Fitri Apriani Persib Bandung (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - PSSI dalam rapat virtual secara maraton dengan klub Liga 1 dan Liga 2 2020 telah menyampaikan rencana melanjutkan kompetisi. Pertemuan jarak jauh tersebut berlangsung pada Selasa (2/6/2020), dari pagi sampai petang.

Opsi untuk Liga 1 adalah dilanjutkan mulai September. Lalu, subsidi naik menjadi Rp 800 juta per termin.

Yang mungkin menggembirakan buat tim Liga 1 adalah PSSI merancang lanjutan kompetisi tanpa degradasi. Jadi, Liga 1 2021 akan diikuti 20 tim karena dari Liga 2 musim ini akan promosi dua tim.

Hanya saja tim Liga 1, khususnya di luar Pulau Jawa direncanakan tidak bertanding di markasnya. Semua pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa, sehingga kemungkinannya adalah tempat netral dan tanpa penonton.

Sementara untuk Liga 2, opsi dari PSSI adalah kompetisi dilanjutkan mulai Oktober. Nilai subsidi juga naik menjadi Rp 200 juta per bulan, selama kompetisi berlangsung.

Kabar yang juga menggembirakan buat tim Liga 2 ialah tidak adanya degradasi pada musim ini. Tapi jatah promosi dikurangi satu, menjadi dua saja.

Nantinya, Liga 2 yang sempat berjalan satu pekan bakal dianggap tidak ada. Digulirkan mulai dari awal lagi.

Formatnya adalah 24 tim dibagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup diisi enam tim dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa yang artinya di tempat netral dan tanpa penonton.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Respons Positif

Di pihak lain, Persib yang sementara ini memuncaki klasemen Liga 1 2020 sudah memiliki sikap yang jelas yaitu ingin kompetisi dilanjutkan. Oleh sebab itu, opsi PSSI yang condong melanjutkan kompetisi tentu direspons positif.

"Melanjutkan kompetisi itu juga demi kepentingan lebih besar yaitu timnas yang akan bermain di Piala Dunia U-20 2021, apalagi Indonesia menjadi tuan rumah," ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

Tapi, Persib meminta syarat kepada pengambil keputusan soal kelanjutan kompetisi musim ini. Permintaan Persib itu supaya kompetisi dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini demi keselamatan semua pihak di dalamnya," imbuh Teddy.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR