BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Persib Desak PSSI dan PT LIB segera Putuskan Kapan Liga 1 2021 Dimulai

21-01-2021 15:42 | Gia Yuda Pradana

Persib Bandung (c) Bola.com/Vincentius Atmaja Persib Bandung (c) Bola.com/Vincentius Atmaja

Bola.net - PSSI telah memutuskan membatalkan kompetisi musim 2020 yang sudah ditunda pelaksanaannya sejak pertengahan Maret tahun lalu. Induk sepak bola di Tanah Air itu kini didesak untuk secepatnya menentukan kapan Liga 1 2021 akan dimulai.

Desakan itu salah satunya datang dari kubu Persib Bandung. Manajemen Maung Bandung mendorong PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk langsung bergerak setelah memutuskan Liga 1 2020 dibatalkan.

"Dengan adanya keputusan Liga 2020 dihentikan, PSSI dan LIB harus segera mengeluarkan petunjuk pelaksanaan dari pembatalan ini," ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat dihubungi Bola.net.

Menurut Teddy, pembatalan kompetisi ini akan berpengaruh terhadap beberapa hal. Misalnya, kerja sama dengan sponsor atau pihak ketiga.

"Pembatalan ini memiliki konsekuensi yang signifikan, baik dari segi komersial dan hukum terhadap semua klub," ucapnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Klub Dirugikan Secara Moril dan Materil

Persib Bandung (c) Bola.com/Yoppy Renato Persib Bandung (c) Bola.com/Yoppy Renato

Selain dampak material, klub juga dirugikan secara moril. Pasalnya, tim hampir satu tahun tidak berkompetisi.

Kegagalan PSSI dan LIB dalam mendapat izin kepolisian yang membuat Liga 1 2020 diundur sebanyak tiga kali pada Oktober, November, dan Februari juga berdampak buruk terhadap pemain, pelatih, dan official. Sebab, mental anggota tim jadi terpengaruh karena berulang kali dikecewakan.

"Dampaknya pasti sangat besar kepada anggota tim, terutama dari sisi material dan moril. Keputusan ini pasti merugikan semua klub, tidak hanya Persib saja," kata Teddy.

2 dari 3 halaman

Desak PSSI Segera Putuskan Kick Off Liga 1 2021

PSSI (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun PSSI (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Kini setelah PSSI memutuskan untuk menghentikan Liga 1 2020, Teddy mendesak supaya segera ada kepastian tanggal kick off Liga 1 2021. Dengan demikian, Persib dan semua kontestan bisa persiapan.

"PSSI atau LIB harus segera memastikan tanggal berapa Liga 1 2021 akan dilaksanakan, semua klub perlu kepastian, tidak bisa hanya dibilang akan dilakukan setelah Lebaran," tuturnya.

"Karena semua klub perlu melakukan perencanaan, baik dari sisi teknis dan non teknis," imbuh Teddy.

3 dari 3 halaman

PSSI Putuskan Tidak Ada Juara di Liga 1 2020

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Persib sendiri mengakhiri Liga 1 2020 yang baru berjalan tiga pekan di peringkat pertama. Tim asuhan Robert Alberts itu meraih poin sempurna yaitu sembilan.

Tiga kemenangan itu didapat Persib dari Persela Lamongan, Arema FC, dan PSS Sleman. Namun, Maung Bandung tidak berhak atas gelar juara musim 2020.

Pasalnya, PSSI memutuskan tidak ada juara di Liga 1 2020. Selain itu, peserta Liga 1 2021 sama dengan Liga 1 tahun lalu.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR