Persebaya vs Persija: Enam Pemain yang Bisa jadi Penentu, Awas Ancaman Sang Mantan

Editor Bolanet | 14 Februari 2022, 16:04
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Dua tim yang membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen BRI Liga 1, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya akan saling sikut. Inilah enam pemain yang bisa jadi penentu di duel Persebaya vs Persija.


Persebaya bakal menghadapi Persija Jakarta di lanjutan BRI Liga 1 pekan 25 pada Senin (14/2/2022) malam WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Posisi Persebaya di tabel klasemen sementara kian melorot. Apa pasal? Tim berjuluk Bajul Ijo itu sudah dalam tiga partai tidak pernah menang.

Setali tiga uang dengan Persebaya, Persija masih tertahan di papan tengah. Kesebelasan dengan sebutan lain Macan Kemayoran itu tidak lagi menang dalam dua partai terakhir.

Melawan Persija, Persebaya di atas angin. Secara rekor pertemuan, Bajul Ijo sungguh dominan. Rachmat Irianto dkk. tidak pernah kalah dalam lima pertandingan belakangan.

Pada pertemuan pertama, Persebaya juga berhasil menjinakkan Persija 1-0.

Lantas, siapa saja pemain kedua tim yang dapat memanaskan perang Persebaya vs Persija? Berikut enam nama di antaranya:

1 dari 6 halaman

Taisei Marukawa (Persebaya Surabaya)

Taisei Marukawa merayakan golnya di laga Persela Lamongan vs Persebaya Surabaya di pekan ke-24 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (10/02/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Twit

Layak menganggap bahwa Taisei Marukawa adalah pemain terbaik BRI Liga 1 sejauh ini. Gelandang Persebaya Surabaya itu sangat mencolok dalam statistik individu.

Marukawa mampu mencatatkan 13 gol dan 8 assists dalam 22 penampilan. Pemain asal Jepang itu pula yang mencetak gol tunggal kemenangan Persebaya atas Persija pada putaran pertama.

2 dari 6 halaman

Bruno Moreira (Persebaya Surabaya)

Bruno Moreira Soares (kanan) merayakan gol kedua Persebaya Surabaya saat laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 kontra Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Rabu (08/12/2021). (c) Bola.com/Bagaskara L

Statistik Bruno Moreira memang tidak terlalu mengilap. Namun, kontribusinya untuk Persebaya cukup besar.

Bruno baru mengukir empat gol dan dua assists bagi Persebaya. Winger asal Brasil kerap menjelma sebagai alternatif serangan Bajul Ijo jika Marukawa dikawal ketat.

3 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Skuad Persebaya lengkap betul. Bajul Ijo juga punya pemain muda menjanjikan di BRI Liga 1 sejauh ini. Dia adalah Marselino Ferdinan.

Di usianya yang baru menginjak 17 tahun, Marselino telah bermain 17 kali dan membukukan empat gol plus lima assists untuk Persebaya. Dia juga telah debut di Timnas Indonesia.

4 dari 6 halaman

Marko Simic (Persija Jakarta)

Ekspresi kecewa Marko Simic saat laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta melawan Bali United FC di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/11/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Meski kerap dikritik, posisi Marko Simic di Persija Jakarta tetap tidak goyah. Dia selalu bermain dalam 23 partai Persija Jakarta di musim ini.

Simic juga masih tercatat sebagai top scorer klub dengan 13 gol. Striker asal Kroasia itu mencetak sebiji gol dalam partai terakhir Macan Kemayoran ketika mengimbangi Arema FC 1-1.

5 dari 6 halaman

Riko Simanjuntak (Persija Jakarta)

BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Persija Jakarta begitu ketergantungan terhadap Riko Simanjuntak. Winger berusia 30 tahun itu adalah pelayan utama Mark Simic.

Riko mampu menorehkan tujuh assists dalam 18 pertandingan bersama Persija di musim ini. Pergerakannya di sisi sayap dapat membahayakan lini belakang Persebaya.

6 dari 6 halaman

Makan Konate (Persija Jakarta)

Pemain Persija Jakarta, Makan Konate (c) Media Persija

Kontribusi Makan Konate di Persija belum menonjol. Dia memang telah mampu mencetak satu gol dari empat penampilan, namun pengaruhnya tidak terlalu besar.

Konate absen ketika Persija bentrok dengan Arema FC akibat COVID-19. Jika sudah negatif, pemain asal Mali itu bisa menjadi ancaman nyata bagi Persebaya yang notabene adalah mantan klubnya.

Disadur dari: Bola.com (M Adiyaksa/Aryo A; 14/2/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR