BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pernah Tangani Alisson Becker, Ini Kisah Pelatih Kiper Persipura

13-02-2020 11:04 | Gia Yuda Pradana

Alisson Becker (c) AP Photo Alisson Becker (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih kiper Persipura Jayapura, Gerson Rios, membeber kisahnya ketika menangani Alisson Becker, di level kelompok umur Timnas Brasil, beberapa waktu lalu. Menurutnya, Alisson sudah menunjukkan talentanya sebagai salah satu kiper terbaik dunia sejak ketika ia tangani.

"Sejak di level kelompok umur, Alisson sudah menunjukkan bahwa ia adalah sosok penjaga gawang modern," kata Gerson.

"Ia punya visi bermain dan intelegensi tinggi terhadap perkembangan sepak bola modern," sambungnya.

Menurut lulusan Centro Universitario Augusto Motta tersebut, Alisson bukan sekadar kiper yang mampu menghalau bola. Kiper Liverpool ini, sambung Gerson, juga memiliki kelebihan lain, yang membuatnya menjadi sosok kiper jempolan.

"Ia memiliki olah gerak kaki yang sangat luar biasa. Ketika di Brasil masih banyak kiper dengan gaya lama, sekadar bagus di bawah mistar, Alisson hadir dengan gaya berbeda," tutur Gerson.

"Alisson sudah menunjukkan kemampuannya bermain dengan kaki, seperti yang dibutuhkan sepak bola modern. Ia pun punya visi dan wawasan sepak bola yang luar biasa," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Tak Mau Bandingkan

Tiga kiper Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan Tiga kiper Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Lebih lanjut, Gerson menyadari bahwa ada ekspektasi besar kehadirannya di Persipura bisa mendongkrak level empat kiper Mutiara Hitam menjadi bak Alisson Becker. Namun, ia menegaskan bahwa pemikiran di balik ekspektasi tersebut kurang benar.

"Semua kiper punya ciri khas tersendiri. Kita tak bisa bandingkan Dede, Mario Londok, Gerry Mandagi, dan Fitrul Dwi Rustapa dengan Alisson," kata Gerson.

"Bahkan, Alisson yang kita kenal saat ini, berbeda dengan Alisson pada masa lalu," sambungnya.

Menurut Gerson, Alisson menjalani sebuah proses untuk bisa jadi seperti saat ini, salah seorang kiper terbaik dunia.

"Dengan sebuah proses, para penjaga gawang kami bisa meraih prestasi tertinggi di level mereka masing-masing," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR