BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Permohonan Dispensasi Ditolak, Persija Tanpa Empat Pemain Baru di Liga Champions Asia

23-01-2019 15:34 | Serafin Unus Pasi

Marko Simic merayakan gol Persija ke gawang Mitra Kukar. (c) Persija Jakarta Twitter Marko Simic merayakan gol Persija ke gawang Mitra Kukar. (c) Persija Jakarta Twitter

Bola.net - Asa Persija Jakarta untuk tampil dengan kekuatan penuh di Liga Champions Asia harus sirna. Pasalnya AFC tidak memberikan kelonggaran untuk International Transfer Certificate (ITC) untuk empat pemain baru mereka tersebut.

Seperti yang sudah diketahui Persija selaku juara Liga 1 mendapatkan satu slot di Liga Champions Asia musim ini. Mereka dijadwalkan akan menghadapi wakil Singapura, Home United di babak penyisihan pertama Liga Champions Asia musim ini.

Namun jelang laga krusial ini, Persija terancam tidak bisa memainkan tiga rekrutan asing mereka plus Ryuji Utomo., Pasalnya keempat pemain ini belum mendapatkan ITC, mengingat bursa transfer Liga 1 baru dibuka di pertengahan bulan Februari nanti, sehingga ke empat pemain itu tidak bisa didaftarkan di TMS FIFA.

Pihak PSSI sendiri mencoba untuk mengajukan Dispensasi ke AFC untuk situasi Persija ini, namun sayang permohonan mereka ditolak oleh Otoritas Sepakbola Asia tersebut. "Kami sudah berupaya dengan maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi," ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha.

Scroll berita ini ke bawah untuk membaca situasi ITC Para pemain Persija.

1 dari 3 halaman

Terhalang Agenda Nasional

Dalam pernyataan resminya tersebut, Tisha menjelaskan bahwa bursa transfer baru bisa dibuka sekitar dua bulan sebelum tanggal Kick Off Liga 1 dimulai.

Namun mengingat tahun ini akan digelar Pemilu di tanggal 19 April nanti, maka Kick Off Liga 1 harus mundur dua minggu dan itu berdampak pada bursa transfer pemain.

“Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua minggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” tutur Tisha.

2 dari 3 halaman

Bisa Diterima

Pada kesempatan yang sama, Tisha juga mengaku sudah membicarakan penolakan dispensasi dari AFC kepada pihak Persija Jakarta.

Menurut pengakuan Tisha, pihak Persija bisa menerima dengan baik keputusan AFC tersebut. Mereka juga akan mengupayakan yang terbaik dengan sumber daya yang tersedia.

Tisha juga menyebut bahwa pihaknya sudah mencoba mengajukan Dispensasi kepada FIFA agar dibukakan TMS bagi Persija dan PSM Makassar, namun sayang FIFA juga tidak memberikan ijin.

3 dari 3 halaman

Laga Penyisihan

Pertandingan antara Home United melawan Persija Jakarat ini dijadwalkan akan digelar pada tanggal 5 Februari 2019 mendatang.

Nonton Pertandingan Bola, Reaksi Nenek Ini Bikin Heboh

KOMENTAR