Perjalanan PSM Makassar Tembus Semifinal AFC Cup 2022 Zona ASEAN

Dimas Ardi Prasetya | 1 Juli 2022, 02:02
Pemain PSM Makassar melakukan protes pada wasit pada laga melawan Persikabo 1973 di Piala Presiden 2022 (c) Arief Bagus Prasetiyo
Pemain PSM Makassar melakukan protes pada wasit pada laga melawan Persikabo 1973 di Piala Presiden 2022 (c) Arief Bagus Prasetiyo

Bola.net - PSM Makassar mengunci satu tiket ke babak semifinal AFC Cup 2022 zona ASEAN. Juku Eja lolos dengan status sebagai juara grup H.

PSM Makassar finis di posisi pertama dengan mengumpulkan total 4 poin dari 2 pertandingan. Tim asuhan Bernardo Tavares meraih 2 kemenangan dan 1 imbang.

Jumlah poin PSM Makassar sebenarnya sama dengan Kuala Lumpur City di posisi kedua. Namun, tim asal Sulawesi Selatan itu unggul selisih gol.

Lantas bagaimana perjalanan PSM Makassar bisa lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asean? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Jalur Piala Indonesia

PSM Makassar mewakili Indonesia di AFC Cup 2022 dengan status Juara Piala Indonesia. Juku Eja menjadi kampiun kompetisi antar divisi tersebut pada musim 2018/2019.

PSM Makassar keluar sebagai juara usai menaklukkan Persija Jakarta di partai puncak. Mereka mengalahkan tim Macan Kemayoran dengan agregat 2-1.

PSM Makassar sempat kalah 1-0 di leg pertama yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno. Namun, mereka berhasil membalas 2-0 di Stadion Andi Mattalatta.

2 dari 5 halaman

Tanpa Play-off

PSM Makassar seharusnya melewati babak play-off terlebih dahulu sebelum bisa tampil di fase grup AFC Cup 2022. Beruntung mereka tidak perlu melalui proses itu .

Tim Juku Eja lolos otomatis ke fase grup setelah dua tim lainnya memilih mundur dari ajang itu. Keduanya adalah Than Quang Ninh dari Vietnam dan Azkal Development wakil Filipina.

Azkal Development tak bisa tampil karena terganjal lisensi. Sementara Than Quang Ninh punya masalah finansial.

3 dari 5 halaman

Fase Grup

Di grup H, PSM Makassar seharusnya menghadapi tiga tim. Namun, wakil dari Myanmar memutuskan mundur karena situasi politik di negaranya.

Karena itu, PSM Makassar hanya memiliki dua pesaing di fase grup. Yakni Tampines Rovers (Singapura) dan Kuala Lumpur City (Malaysia).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion KLFA, Malaysia, PSM Makassar mengalahkan Tampines Rovers 3-1. Mereka kemudian bermain imbang tanpa gol kontra Kuala Lumpur City.

4 dari 5 halaman

Unggul Produktivitas

PSM Makassar harus menunggu hasil pertandingan Kuala Lumpur City vs Tampines Rovers untuk menjadi juara grup H. Kedua tim bermain di Stadion KLFA, Kamis (30/06/2022) malam.

Beruntung, dalam pertandingan tersebut Kuala Lumpur City hanya menang 2-1 atas Tampines Rovers. Sehingga Juku Eja unggul produktivitas gol.

PSM Makassar mencetak 3 gol dan kemasukan 1 kali. Sementara Kuala Lumpur City membukukan 2 gol dengan jumlah kebobolan yang sama.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR