Perempat Final Piala Presiden 2022: Duel Antarlini Persib Bandung vs PSS Sleman

Gia Yuda Pradana | 30 Juni 2022, 12:33
Suporter Persib Bandung (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Suporter Persib Bandung (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Persib Bandung dan PSS Sleman akan berhadapan di babak perempat final Piala Presiden 2022. Pertandingan ini bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat 1 Juli 2022.

Persib punya catatan positif kontra PSS. Dalam tujuh pertemuan terakhir, Maung Bandung belum pernah merasakan kekalahan. Mereka meraih lima kemenangan dan dua hasil imbang.

Pertemuan kali ini bakal menarik. PSS saat ini dinilai lebih kuat daripada tahun sebelumnya. Selain itu, kedua tim juga sama-sama punya kans untuk lolos ke semifinal.

Mari lihat terlebih dahulu kekuatan mereka dari lini ke lini.

1 dari 4 halaman

Kiper

Kiper PSS Sleman, M Ridwan (c) Bola.com/Arief Bagus

Kiper PSS Sleman, M Ridwan (c) Bola.com/Arief Bagus

Persib Bandung kemungkinan akan kembali memasang Fitrul Dwi Rustapa di bawah mistar gawang. Hal ini tak lepas dari penampilan mengesankan Fitrul selama babak penyisihan.

Pemain kelahiran Garut ini beberapa kali melakukan penyelamatan krusial yang membuat timnya terhindar dari kebobolan. Dia bahkan mencatatkan clean sheet saat Persib bertemu Bhayangkara FC di laga terakhir Grup C.

Sementara itu, PSS dipastikan menurunkan Muhammad Ridwan. Penjaga gawang berusia 31 tahun ini memang tampil apik dalam beberapa pertandingan terakhir.

Laga melawan Persib juga jadi ajang nostalgia bagi M Ridwan. Diketahui, M Ridwan pernah berseragam Persib Bandung musim 2016.

2 dari 4 halaman

Belakang

Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers (c) Bola.com/Muhammad Faqih

Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers (c) Bola.com/Muhammad Faqih

Lini belakang Persib Bandung berada dalam kondisi pincang. Dua pilar utamanya, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers dipastikan absen di laga nanti karena mengalami cedera.

Igbonefo mengalami cedera patah tulang pipi. Kondisi tersebut membuat pemain kelahiran Nigeria itu harus beristirahat selama tiga bulan untuk memulihkan cederanya.

Nick bermasalah dengan lututnya. Cedera tersebut didapat setelah berhadapan dengan Bhayangkara di laga pamungkas Grup C Piala Presiden.

Dengan kondisi ini, Persib kemungkinan akan memasang Rachmat Irianto dan Achmad Jufriyanto di posisi bek tengah. Keduanya diharapkan bisa meredam serangan yang dilancarkan PSS Sleman.

Sementara itu, PSS mengandalkan duet Syaiful Ramadhan dan Purwaka Yudi. Tugas keduanya di lini belakang akan dibantu sang kapten Bagus Nirwanto dan Marckho Sandi di bek sayap.

3 dari 4 halaman

Tengah

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (kanan) (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (kanan) (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Persib mendapat tenaga tambahan di perempat final. Lini tengah Persib semakin kuat dengan kedatangan Marc Klok dan Ricky Kambuaya.

Keduanya sempat absen di fase grup karena baru memperkuat Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Klok dan Kambuaya merupakan pilihan utama pelatih Shin Tae-yong.

Kebersamaan Klok dan Kambuaya di Timnas Indonesia tentu akan memudahkan keduanya beradaptasi di Persib.

Sementara itu, PSS akan mengandalkan kombinasi Dave Mustaine dan Ze Valente di lini tengah. Keduanya mampu memberikan warna berbeda bagi permainan Elang Jawa.

4 dari 4 halaman

Depan

PSS Sleman di Piala Presiden 2022 (c) Bola.net/Arief Bagus

PSS Sleman di Piala Presiden 2022 (c) Bola.net/Arief Bagus

Persib harus memutar otak untuk mencari pengganti David Da Silva dan Ciro Alves yang absen karena mengalami cedera. Sejauh ini, Persib hanya memiliki satu penyerang muda, yakni Ridwan Ansori.

Absennya David Da Silva dan Ciro Alves memang menjadi kerugian besar bagi Maung Bandung. Duo Brasil ini selalu jadi tumpuan tim di lini depan.

Duet keduanya bahkan telah menghasilkan tiga gol. David Da Silva mencetak dua gol, sedangkan Ciro Alves satu gol.

Di lain pihak, serangan PSS tak bisa diremehkan. Kehadiran Boaz Solossa membuat lini depan PSS jadi lebih berbahaya.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Faqih/Wiwig Prayugi, 30 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR