BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perempat Final Piala Menpora 2021: Duel Bintang Pratama Arhan vs Yakob Sayuri

08-04-2021 11:18 | Asad Arifin

Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan, usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1967 di Piala Menpora 2021 (c) Arief Bagus Prasetiyo Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan, usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1967 di Piala Menpora 2021 (c) Arief Bagus Prasetiyo

Bola.net - Perempat final Piala Menpora 2021 akan mempertemukan PSIS Semarang dan PSM Makassar. Laga ini akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021).

Pertarungan dua tim klasik yang sarat penuh kejutan di turnamen ini karena akan mempertemukan dua tim yang 100 persen berkekuatan pemain lokal. Kedua tim juga sama-sama menorehkan hasil apik selama penyisihan grup.

PSIS berstatus juara grup A, unggul atas tim mapan seperti Barito Putera, Persikabo, dan Arema FC. Sedangkan PSM sebagai kuda hitam duduk di posisi kedua menemani Persija Jakarta.

Baik PSIS maupun PSM sama-sama merupakan tim yang sebenarnya tidak masuk perhitungan bersaing di ajang ini. Nyatanya, PSIS mampu melebihi ekspektasi, begitu pula PSM yang sempat membuat tim sekelas Persija merasakan kekalahan.

Hingga akhirnya kedua tim bersua di babak delapan besar untuk saling sikut. Selain kualitas kerjasama masing-masing tim, peran dari pemain pilar mereka juga sangat menentukan.

Pratama Arhan di PSIS Semarang dan Yakob Sayuri mewakili PSM Makassar yang akan menjadi bintang dalam duel nanti.

1 dari 2 halaman

Determinasi Tinggi

Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan. (c) Muhammad Iqbal Ichsan Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan. (c) Muhammad Iqbal Ichsan

Pratama Arhan Alif Rifai menjadi buah bibir sebagai pemain paling menonjol saat ini di tim Mahesa Jenar. Pemain berusia 19 tahun asal Blora yang mencuri perhatian setidaknya di tiga laga selama fase grup.

Perannya cukup besar dalam permain PSIS Semarang, dengan membuat lawan kewalahan menghentikan, membuat assist untuk rekannya menjadi gol, hingga ia sendiri juga berhasil mencatat nama di papan skor.

Berposisi asli sebagai bek kiri, oleh pelatih Dragan Djukanovic ditempatkan sedikit lebih ofensif yakni sebagai gelandang sayap. Ia punya kecepatan, skill mumpuni, akurasi tendangan, determinasi, hingga penyelesaian akhir yang baik.

Koleksi dua gol dari kaki Pratama Arhan lahir di gawang Persikabo melalui eksekusi penalti dan gol cantik hasil tendangan bebas ke gawang Arema FC. Ia juga mengirimkan assist ke rekannya Riyan Ardiansyah untuk memastikan kemenangan atas Arema.

Dalam duel nanti, bek kanan PSM harus bekerja ekstra untuk menghentikan satu pemain spesial PSIS ini. Karena kemampuannya cukup komplet, seperti dalam melakukan lemparan ke dalam dan ahli bola mati.

2 dari 2 halaman

Kecepatan Berlari

Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri, mencetak gol ke gawang Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 (c) Arief Bagus Prasetiyo Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri, mencetak gol ke gawang Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 (c) Arief Bagus Prasetiyo

PSM tak perlu khawatir, karena juga punya pemain tak kalah garang. Ada gelandang sayap kanan Yakob Sayuri, pemain yang punya kecepatan dan kelincahan.

Pemain berusia 23 tahun asal Papua tersebut merupakan satu diantara kunci kesuksesan tim Juku Eja (julukan PSM) bersaing di fase grup. Mirip dengan Pratama Arhan, Yakob Sayuri juga sudah mengoleksi dua gol sejauh ini bagi PSM di Piala Menpora.

Dua golnya masing-masing ke gawang Persija Jakarta dan Bhayangkara FC, menjadi bukti ia langsung nyetel bersama PSM sejak didatangkan dari Barito Putera tahun lalu. Khususnya melihat gol yang ia cetak ke gawang Persija di laga pertama grup B.

Ia berlari kencang memanfaatkan bola tendangan langsung kiper PSM dan dengan cepat merebut bola dari bek Persija, Yann Motta. Bola dimenangkan Yakob Sayuri dan melewati kiper Andritany Ardhyasa untuk menjebol gawang.

Melihat kecepatan yang ditunjukkan Yakob Sayuri, barisan pertahanan PSIS juga harus wajib waspada untuk menghentikannya. Termasuk Pratama Arhan yang bakal berduel langsung dengan Yakob Sayuri di atas lapangan nanti.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Wiwig Prayugi, 8 April 2021)

KOMENTAR