Pengakuan Robertino Pugliara: Kagumi Antusiasme Suporter dan Kangen Bermain di Indonesia

Dimas Ardi Prasetya | 6 April 2022, 04:25
Robertino Pugliara saat di Persebaya Surabaya. (c) Mustopa El Abdy
Robertino Pugliara saat di Persebaya Surabaya. (c) Mustopa El Abdy

Bola.net - Robertino Pugliara mengaku dirinya terkesan dengan antusiasme suporter di Indonesia dan ia tak menampik keinginan bermain lagi di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air.


Nama Pugliara tentu tak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Ia salah satu pemain asing yang cukup lama bermain di Tanah Air, tepatnya dari tahun 2007 hingga 2018.

Pada periode itu, pria kelahiran Buenos Aires (Argentina), 21 Februari 1984 ini pernah berkostum Persija Jakarta, Persiba Balikpapan, Persipura Jayapura, Persib Bandung, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya.

Sebagai gelandang serang, Robertino Pugliara memiliki kemampuan di atas rata-rata. Ia juga disukai oleh oleh suporter tim yang dibelanya karena totalitasnya di lapangan hijau.

"Prinsip saya adalah selalu bekerja keras untuk tim yang memakai jasa saya. Tampil dengan kemampuan 100 persen akan membuat suporter senang," ujar Pugliara dalam channel Youtube milik Hamka Hamzah.

1 dari 2 halaman

Terkesan Antusiasme Suporter Indonesia

Pugliara datang ke Indonesia dibawah oleh Edy Syah, seorang agen pemain pada 2007. Saat itu, usianya masih 23 tahun, Persija jadi tim pertamanya di Indonesia setelah sebelumnya berkiprah di kompetisi negaranya bersama San Lorenzo dan Talleres de Cordoba.

Ia membela tim Macan Kemayoran selama dua musim. Ia mengaku sempat kaget dengan militansi dan antusiasme suporter dalam mendukung tim kesayangannya.

Tak hanya itu, Pugliara juga sempat syok dengan kepemimpinan wasit Indonesia yang dinilainya kerap membuat keputusan aneh dan terkesan tidak melindungi pemain dari permainan keras cenderung kasar pemain lainya.

"Tapi, lama-lama saya jadi terbiasa dan menikmati pengalaman bermain di kompetisi Indonesia," terang Pugliara.

2 dari 2 halaman

Kangen Bermain di Indonesia

Robertino Pugliara terakhir bermain di Liga 1 2018 bersama Persebaya. Ia direkrut manajemen Persebaya usai memperkuat klub Liga India, Pune City.

Bersama Bajul Ijo, Pugliara tampil dalam 22 laga dengan koleksi 1 gol. Pencapaian Bajul Ijo pada musim itu terbilang lumayan dengan bertengger di peringkat lima klasemen akhir.

Setelah itu, Pugliara memutuskan kembali ke Argentina. Meskipun begitu, ia mengaku tetap intens mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia.

Termasuk kiprah Persipura Jayapura, tim yang pernah dibawanya menembus final Liga Super Indonesia 2014 dan semifinal Piala AFC 2015. Itulah mengapa sebagai mantan pemain, Pugliara mengaku sedih melihat Persipura terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Dalam akun media sosialnya, Pugliara berharap Persipura cepat bangkit dan kembali berkiprah di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Saat ini, Pugliara tengah berada di Indonesia.

Meski mengaku datang berlibur untuk memupus rasa kangennya terhadap Indonesia, Pugliara tak menampik keinginan dirinya kembali bermain di Indonesia. Meski usianya sudah 38 tahun, Pugliara menegaskan dirinya masih bisa bersaing karena kondisinya tetap terjaga.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Abdi Satria/Editor Hendry Wibowo
Published: 05/04/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR