BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pelatih Persik Kediri Optimistis Kompetisi Bakal Berlanjut

08-04-2020 21:19 | Serafin Unus Pasi

Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo (c) Bola.com/Gatot Susetyo Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Bola.net - Sebuah optimisme, ihwal kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020, diapungkan Joko Susilo. Pelatih Persik Kediri ini mengaku yakin kompetisi musim ini bisa tetap berlanjut setelah dihentikan akibat pandemi Corona.

"Sebagai pelatih, saya masih punya optimisme kompetisi ini bisa dilakukan dalam bentuk apa pun dan waktu sependek apa pun," kata Joko, pada Bola.net.

"Untuk urusan optimisme, saya masih sama yakinnya dengan PSSI," sambungnya.

Menurut Joko, ada sejumlah format yang mungkin bisa diterapkan ke kompetisi jika nanti kembali digulirkan. Namun, pelatih berusia 49 tahun ini mengaku belum tahu opsi apa yang akan dipilih oleh federasi dan operator.

"Saya belum tahu seperti apa format kompetisi ke depannya. Namun, saya percaya PSSI akan menemukan solusi untuk ini," tuturnya.

Sebelumnya, PSSI memastikan bahwa Bulan Maret, April, Mei, dan Juni merupakan status keadaan tertentu darurat bencana. Hal ini tak lepas dari merebaknya persebaran Virus Corona di Indonesia.

Dengan status ini, PSSI mengizinkan perubahan kontrak pemain, pelatih, dan ofisial tim peserta kompetisi. Gaji komponen tim ini maksimal 25 persen dari yang tercantum di kontrak.

Selain itu, dalam keputusan tersebut, PSSI juga menunda jadwal lanjutan kompetisi sampai 29 Mei 2020. Jika status darurat bencana tidak diperpanjang pemerintah, kompetisi akan dihelat mulai 1 Juli 2020.

Namun, jika pemerintah memperpanjang status darurat bencana, atau PSSI menganggap kondisi belum ideal, maka musim kompetisi ini akan dihentikan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Tetap Jaga Kondisi

Lebih lanjut, karena masih yakin kompetisi akan kembali berlanjut, Joko meminta anak asuhnya untuk bisa menjaga kondisi mereka selama kompetisi terhenti ini. Tak hanya mengimbau anak asuhnya untuk tetap berlatih, pelatih berlisensi AFC Pro ini juga menyiapkan program latihan bagi Faris Aditama dan kawan-kawan.

"Saya berharap, minimal kondisi para pemain tidak turun selama kompetisi berhenti saat ini," ucap Joko.

"Lebih lagi, saya berharap mereka bisa meningkatkan kondisi, karena saat ini kondisi tim kami masih belum sesuai standar yang dibutuhkan untuk bermain," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Josh Sargent