Pelatih Arema FC Tak Mau Pusingkan Jadwal Padat Lanjutan BRI Liga 1 2022/2023

Serafin Unus Pasi | 5 Desember 2022, 22:23
Pelatih Arema FC Tak Mau Pusingkan Jadwal Padat Lanjutan BRI Liga 1 2022/2023
Javier Roca sebagai pelatih Arema FC musim 2022/2023 (c) Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Javier Roca angkat bicara soal mendadaknya jadwal lanjutan kompetisi BRI Liga 1 2022/2023. Pelatih Arema FC ini mengaku tak mau terlalu banyak ambil pusing soal jadwal mendadak dan padat yang harus dilakoni timnya.

Menurut Roca jadwal lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 memang tak ideal. Namun, ia menyebut bahwa hal tersebut tak hanya dialami oleh timnya.

"Memang ini karena ada kebijakan pemerintah. Kita harus terima dan siap," ucap Roca.

Namun, Roca menambahkan, ada hal yang bisa dilakukan timnya untuk menyiasati kondisi ini. Mereka harus bisa lebih baik lagi dalam mengelola waktu.

"Kami harus lebih pintar dalam memulihkan kondisi pascapertandingan," tuturnya.

"Setelah main kami langsung recovery, coba lapangan, main, dan recovery. Siklusnya seperti ini," Roca menambahkan.

Arema FC, sesuai jadwal, akan melakoni laga melawan Dewa United di Stadion Manahan pada 7 Desember 2022. Berikutnya, pada 11 Desember, Arema FC akan menghadapi Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang. Laga ketiga, Arema FC akan berhadapan dengan Persikabo 1973 di Stadion Manahan pada 14 Desember.

Kemudian Arema FC akan melawan Persita Tangerang pada 17 Desember di Stadion Moch Soebroto. Selanjutnya Arema FC akan menghadapi Madura United pada 20 Desember di Stadion Maguwoharjo. Laga penutup putaran pertama akan dilalui oleh Arema FC dengan melawan Bhayangkara FC pada 23 Desember 2022 di Stadion Jatidiri Semarang.

Rombongan skuad Arema FC sendiri sudah bertolak ke Jawa Tengah pada Senin (05/12). Mereka berangkat bersama-sama dari mess dengan menggunakan bus.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Hindari Cedera

Menurut Roca, yang paling dikhawatirkan dalam jadwal padat seperti ini adalah cedera pemain. Namun, mereka harus menyiapkan diri menghadapi risiko terburuk, termasuk cedera.

"Secara profesional, kita harus siap. Tak ada alasan," tegas Roca.

Pelatih asal Chile ini menyebut ada hal yang akan dimaksimalkannya untuk mengantisipasi risiko cedera. Hal tersebut adalah kuota pergantian pemain.

"Biasanya pelatih ambil keputusan ganti dengan berbagai pertimbangkan. Nanti, kemungkinan ada juga pertimbangan soal rotasi," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR