BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pelatih Arema FC Soroti Kepemimpinan Wasit di Shopee Liga 1 2019

18-05-2019 03:03 | Ari Prayoga

Milomir Seslija (c) Arema FC Official Milomir Seslija (c) Arema FC Official

Bola.net - Milomir Seslija buka suara soal kepemimpinan wasit di kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Pelatih Arema FC ini menyebut bahwa para pengadil pada kompetisi ini masih kerap takut untuk mengambil keputusan.

"Mereka masih kerap takut pada tekanan suporter," kata Milomir Seslija.

"Semua harus bisa mendukung kerja wasit. Kalau ia mengambl putusan salah, tak menjadi masalah. Yang jadi masalah, adalah kalau karena takut dengan tekanan publik ia tak memberi penalti, padahal seharusnya ada penalti. Jika ini yang terjadi, apa gunanya bermain sepak bola?" ia menukas.

Menurut Milomir Seslija, saat ini, semua orang berbicara soal penggunaan alat bantu video (VAR) untuk mendukung kinerja wasit. Namun, menurut pelatih berlisensi UEFA Pro ini, masalah terbesar bukan pada digunakan atau tidaknya VAR.

"Yang jadi masalah adalah keberanian wasit mengambil keputusan, termasuk memberikan penalti. Lalu, semua pihak respek pada keputusan wasit ini," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Dua Offside dan Satu Penalti

Milo -sapaan karib Milomir Seslija- mengaku bahwa timnya beberapa kali menjadi korban keputusan salah dari para pengadil. Dalam laga kontra PSS Sleman, yang disiarkan langsung oleh Indosiar tersebut, menurut pelatih asal Bosnia ini, beberapa kali timnya dirugikan wasit Yudi Nurcahya dan para asistennya.

"Ada dua kali pemain kami dikatakan offside, padahal terbukti tidak," kata pelatih berusia 54 tahun ini.

"Selain itu, seharusnya, kami juga mendapat penalti. Jelas-jelas ada pelanggaran di kotak penalti. Semua bisa melihat sendiri," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Suka Kepemimpinan Thoriq Alkatiri

Menurut Milo, tak semua wasit Indonesia memiliki kualitas buruk. Menurutnya, ada satu sosok wasit yang memiliki kemampuan dan ketegasan di atas rata-rata. Ialah Thoriq Alkatiri.

Milo menilai, Thoriq merupakan wasit terbaik di Indonesia. Ia pun mengaku senang dengan kepemimpinan wasit berlisensi FIFA tersebut.

"Ia adalah wasit terbaik. Tiap memimpin pertandingan, ia selalu fair," tuturnya.

"Ia selalu mengakui jika salah mengambil keputusan. Ini yang saya suka. Kita harus punya lebih banyak sosok seperti ini," ia menandaskan.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR