BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Osvaldo Haay Beberkan Peran Keluarga dalam Karier Sepak Bolanya

28-07-2021 22:00 | Serafin Unus Pasi

Osvaldo Haay (c) Dok Persija Jakarta
Osvaldo Haay (c) Dok Persija Jakarta

Bola.net - Punggawa Persija Jakarta, Osvaldo Haay tercatat sebagai salah satu pemain muda dengan segudang prestasi. Tidak hanya di level klub, putra Papua ini juga memiliki karier gemilang di Timnas Indonesia.

Di level klub, Osvaldo belum lama ini membawa Persija menjuarai Piala Menpora 2021. Sementara di level Timnas Indonesia, ia pernah mendapatkan medali perunggu dan perak di SEA Games 2017 dan 2019.

Untuk kategori individu, Osvaldo pernah menyabet penghargaan pemain muda terbaik Liga 1 2018, masuk dalam best eleven Liga 1 2018, dan Piala Menpora 2021. Ia juga terpilih sebagai 11 pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak SEA Games 2019.

Osvaldo menerangkan, rangkaian keberhasilannya itu merupakan bukti dari kerja kerasnya selama ini. Selain itu, ada satu faktor lainnya yang menurutnya sangat berpengaruh.

"Bisa dibilang, keluarga sangat berperan atas pencapaian saya sejauh ini,” ujar Osvaldo, disadur dari laman klub, Rabu (28/7/2021).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Peran Bapak dan Ibu

Lebih lanjut, Osvaldo menerangkan, dari semua anggota keluarganya, sang ayah dan ibu merupakan dua sosok yang paling berjasa dalam kariernya. Sang Ayah misalnya, kerap memberi saran dan kritik kepadanya.

"Saya kan masih punya kekurangan terkait mengambil keputusan dalam bermain. Bapak suka memberi masukan soal itu. Pun, soal menahan emosi. Saya kan spontan sering marah-marah saat bermain," tuturnya.

Adapun sang Ibu memberikan dukungan lewat cara lain. Osvaldo mengatakan, ibunya selalu menelpon sebelum ia turun ke lapangan.

“Ibu suka menelpon sebelum main, memberi semangat dan doa,” imbuh Osvaldo.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR