BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Opsi Terbaik Markas Persebaya, Aji Santoso: Sidoarjo

08-08-2020 08:31 | Gia Yuda Pradana

Aji Santoso (c) Bola.net/Mustopa El Abdy Aji Santoso (c) Bola.net/Mustopa El Abdy

Bola.net - Persebaya Surabaya sulit merealisasikan keinginan bermarkas di Surabaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Dua stadion yang ada di Kota Pahlawan, yakni Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November, kini sedang direnovasi.

Dua stadion itu sedang disiapkan untuk menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2021. Dengan situasi ini, pilihan paling mungkin bagi Persebaya Surabaya adalah menggunakan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, yang terletak di kota satelit Surabaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berharap timnya bisa bermarkas di stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut.

“Opsi terbaik, menurut saya, di Sidoarjo. Karena, bagaimanapun, lokasinya tidak jauh dari Surabaya. Kalaupun tidak di Sidoarjo, setidaknya masih di daerah Jawa Timur,” ujar pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Persebaya tetap harus menyiapkan opsi selain Sidoarjo. Di sisi lain, PSSI memberi opsi bagi kontestan Liga 1 2020 yang tidak bisa bermarkas di kota asal, yaitu dengan berkandang di Yogyakarta. Beberapa klub luar Jawa juga memilih provinsi tersebut.

Menurut Aji, opsi berkandang di Yogyakarta kurang bagus untuk Persebaya Surabaya. Salah satu alasannya adalah jarak yang cukup jauh dari Surabaya, mencapai sekitar 300 kilometer, dan merlu sekitar empat hingga lima jam waktu tempuh.

1 dari 1 halaman

Jogja Bukan Pilihan Ideal

Latihan Persebaya Surabaya (c) Official Persebaya Latihan Persebaya Surabaya (c) Official Persebaya

Apalagi, Persebaya masih menyisakan jumlah pertandingan lebih banyak, yaitu 32 laga tersisa, berbanding 31 yang dimiliki oleh mayoritas klub lain. Tim Bajul Ijo juga harus melakoni jadwal padat.

“Kalau kami berangkat dari Surabaya ke Yogyakarta dibutuhkan waktu 4-5 jam. Pemain pasti merasa kelelahan, belum lagi kalau laga tandang. Tidak bagus kalau kami harus bolak-balik Surabaya-Jogja,” ucap Aji.

“Menurut saya, opsi yang terbaik, kami harusnya berkandang di Sidoarjo. Saya tidak tahu di mana. Tapi, yang jelas, saya mengikuti saja nanti bagaimana keputusan manajemen,” imbuh pelatih asli Malang tersebut.

Persebaya belum membuat keputusan soal kandang mereka musim ini. Sekretaris tim Persebaya, Ram Surahman, menyebutkan belum membahas soal stadion yang bakal mereka gunakan.

“Karena kami belum mendapat kepastian soal protokol kesehatan dari federasi. Jadi, kami belum bisa bergerak,” kata Ram.

Disadur dari: Bola.com/Aditya Wany/Yus Mei Sawitri

Published: 8 Agustus 2020

KOMENTAR