BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Oh, Ini Toh Alasan PSSI Namai Turnamen Pramusim Liga 1 Piala Menpora 2021

19-02-2021 09:19 | Gia Yuda Pradana

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.net/Fitri Apriani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Turnamen pramusim sebelum Liga 1 dan Liga 2 diberi nama Piala Menpora 2021. Ada sejumlah alasan kenapa titel itu dipilih PSSI.

Pertama, karena Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis selama turnamen berlangsung, terutama terkait dengan protokol kesehatan.

Kedua, PSSI berharap kerja sama dengan pemerintah semakin erat karena adanya Menpora dalam tajuk utama. Apalagi, turnamen ini akan digelar pada masa pandemi COVID-19.

Terakhir, penamaan itu didasarkan pada upaya besar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam membantu PSSI mendapatkan izin dari Kepolisian. Pada Kamis (18/2) kemarin, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan izin untuk turnamen pramusim.

"Pak Menpora sampai memberikan garansi personal agar izin dapat keluar. Terima kasih, Pak Menpora," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Rencana Piala Menpora 2021

PSSI (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun PSSI (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Piala Menpora dijadwalkan digelar pada 20 Maret - 25 April 2021. Ada lima kota yang masuk nominasi sebagai tuan rumah yaitu Solo, Bandung, Sleman, Palembang, dan Malang.

Untuk pesertanya, akan diikuti 20 klub. Dengan rincian, 18 tim Liga 1, dan dua kesebelasan dari Liga 2 yaitu PSMS Medan serta Sriwijaya FC.

Piala Menpora akan jadi contoh penerapan protokol kesehatan COVID-19 di pertandingan. Selain itu juga menjadi ajang komitmen suporter untuk tak nekat datang ke stadion, atau menggelar nonton bareng (nobar).

Jika pelaksanaan Piala Menpora berhasil, bukan tidak mungkin Kapolri juga akan mengeluarkan izin untuk Liga 1 dan Liga 2. Liga 1 dijadwalkan bergulir pada 11 Juni 2021 - 11 Maret 2022, sementara Liga 2 pada 26 Juni - 27 November 2021.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR