BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nasib Dua Pemain Asing Arema FC Tergantung Kebijakan Imigrasi

13-07-2020 18:13 | Serafin Unus Pasi

Tiga pemain asing anyar Arema musim 2020, Jonathan Bauman, Elias Alderete, dan Matias Malvino. (c) Dendy Gandakusumah Tiga pemain asing anyar Arema musim 2020, Jonathan Bauman, Elias Alderete, dan Matias Malvino. (c) Dendy Gandakusumah

Bola.net - Manajemen Arema FC angkat bicara soal nasib dua pemain asing mereka, Matias Malvino dan Oh In-kyun, yang disebut mengalami kesulitan kembali ke Indonesia akibat peraturan pemerintah Indonesia. Klub berlogo singa mengepal ini menyebut nasib dua pemain asing tersebut tergantung kebijakan dari imigrasi.

"Kami menunggu kebijakan dari imigrasi dulu," ucap Sekretaris Tim Arema FC, Rahmat Taufiq Hentihu, pada Bola.net.

"Pasalnya, dua pemain ini memiliki berbeda kasusnya," ia menambahkan.

Rahmat menyebut bahwa manajemen Arema FC sudah berkomunikasi dengan pihak imigrasi soal nasib dua pemain asing mereka tersebut. Dalam pembicaraan tersebut, pihak imigrasi menyebut bahwa jika pemain asing sudah memiliki VBS (Visa Berdiam Sementara), maka mereka bisa masuk ke Indonesia.

"Nah, In-kyun ini sudah mengurus VBS. VBS-nya pun sudah jadi. Namun, yang menjadi masalah, posisinya saat ini kan di Korea. Jadi kami harus menunggu kebijakan imigrasi," tuturnya.

"Sementara, untuk Matias Malvino, ia sudah tuntas VBS-nya. Bahkan, ia sudah punya KITAS. Jadi secara keimigrasian aman. Namun, tetap saja, ia harus menunggu apakah dari Uruguay bisa masuk ke Indonesia," ia menambahkan.

Sebelumnya, Oh In-kyun dan Matias Malvino disebut mengalami kesulitan untuk kembali ke Indonesia dan bergabung dengan timnya. Pasalnya, dua pemain ini terganjal aturan keimigrasian, yang berlaku pada masa pandemi ini.

Dua pemain ini memilih mudik ke kampung halaman mereka ketika kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 dihentikan beberapa waktu lalu. Malvino pulang ke Uruguay, sedangkan In-kyun pulang ke Korea Selatan.

Permasalahan muncul ketika dua pemain ini hendak kembali ke Indonesia. Pasalnya, Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan Permenkumham No 11 Tahun 2020. Peraturan ini berisi pelarangan sementara orang asing masuk wilayah negara Republik Indonesia.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Dapat Dispensasi

Sementara itu, Tim pelatih Arema FC tak menutup mata dengan kesulitan yang mungkin akan dialami Malvino dan In-kyun. Mereka menyebut akan memberi dispensasi pada dua pemain tersebut, jika kesulitan kembali ke Indonesia.

"Ada dispensasi buat mereka berdua," ucap Asisten Pelatih Arema FC, Charis Yulianto, pada Bola.net.

"Pasti akan ada kesulitan buat mereka berdua untuk kembali lagi ke Indonesia. Kami sangat memahami kondisi tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut, kendati mungkin tak bisa berlatih bersama rekan-rekannya, Malvino dan In-kyun tak bisa berleha-leha. Pasalnya, dua pemain tersebut mendapat pekerjaan rumah dari tim pelatih Arema FC.

"Mungkin, Coach Marcos Gonzales sudah berkoordinasi dengan mereka berdua untuk materi penjagaan kondisi fisik," tutur Charis.

"Yang pasti, mereka tetap harus melakukan latihan secara mandiri," pelatih berlisensi A AFC ini menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR