BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Napak Tilas Sejarah PSSI, Iwan Bule Dorong Soeratin sebagai Pahlawan Nasional

20-04-2021 05:05 | Ari Prayoga

Petinggi PSSI melakukan napak tilas ke cagar budaya tugu patung Soeratin, Solo (c) PSSI Petinggi PSSI melakukan napak tilas ke cagar budaya tugu patung Soeratin, Solo (c) PSSI

Bola.net - Ulang tahun PSSI ke-91 yang jatuh pada 19 April 2021 dirayakan dengan cukup istimewa. Sebab, bertepatan dengan gelaran Piala Menpora yang sudah memasuki babak semifinal.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan yang kebetulan berada di Solo merayakannya dengan napak tilas ke tempat yang cukup bersejarah dalam perjalanan sepak bola Indonesia. Ia bersama jajarannya mengunjungi Balai Persis Solo, dan meletakkan karangan bunga di cagar budaya tugu patung Soeratin Sosrosoegondo.

"Saya berada di Kota Solo. Di mana kota bersejarah dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Kami bisa melihat bahwa Solo cikal bakal munculnya persepakbolaan Indonesia," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, disadur dari laman PSSI.

"Alhamdulillah, bertepatan pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang sudah masuk babak semifinal terakhir untuk menentukan tim terakhir yang akan maju ke babak final," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Soeratin Pahlawan Nasional

Dalam kesempatan yang sama, Iwan Bule juga mendorong agar Soeratin menjadi pahlawan nasional, mengingat jasanya untuk sepak bola Indonesia. Namun, ia perlu berkomunikasi lebih lanjut dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Yang jelas ia adalah pendiri dan ketum PSSI pertama, itu jasanya luar biasa dan selalu diabadikan dalam piala-piala," tuturnya.

Mantan sekretaris utama Lemhanas RI ini juga berjanji untuk memajukan sepak bola Indonesia agar diperhitungkan di kancah internasional. Tentunya dengan dukungan dan doa dari semua pihak.

"Saya bertekad ingin memajukan sepak bola Indonesia untuk betul-betul bisa dibanggakan masyarakat dan pemerintah, sehingga bendera kita nanti bisa berkibar di dunia manapun," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR