BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Momen Ketika Persib Bandung Hampir Rekrut Hamka Hamzah

18-02-2021 14:56 | Asad Arifin

Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Hamka Hamzah dikenal sebagai sosok 'petualang' di sepak bola Indonesia. Hamka Hamzah pernah membela hampir semua tim papan atas, kecuali Persib Bandung.

Di masa lalu, Hamka Hamzah sempat hampir bergabung dengan Persib, tetapi urung terjadi.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengaku kejadian itu terjadi pada tahun 2013. Persib saat itu sedang memburu pemain bertahan yang berpengalaman.

Bahkan, lanjut Umuh, ia terus berusaha mengejar sosok Hamka Hamzah untuk menjadi kekuatan Persib saat itu.

"Saya masih ingat, saat itu bulan puasa. Kenapa saya sampai saat ini tidak suka sama bek yang pernah di Jakarta, Hamka Hamzah, jadi hampir habis sahur belum datang dan makan seada-ada gara-gara si Hamka," ujar Umuh di YouTube Yana Umar.

1 dari 2 halaman

Sudah Siapkan Pemain Bintang Lain

Padahal pada hari yang sama, Umuh sudah menghubungi pemain-pemain yang akan menjadi pemain Persib seperti Firman Utina, Supardi, dan M Ridwan. Umuh sudah menemui ketiganya sebagai bukti keseriusan Persib.

Hanya, saat itu Hamka Hamzah tak bisa ditemui dan hilang tanpa kabar. Padahal sebelumnya Hamka sempat dihubungi Umuh untuk mengadakan pertemuan dan membahas kepindahannya ke Persib Bandung.

"Yang lain saya tunggu sudah pasti seperti Supadi, Firman, dan Ridwan. Jadi saya kejar itu Hamka, tapi tidak jadi, dia berbohong," ungkap Umuh.

2 dari 2 halaman

11 Klub

Umuh menegaskan, saat itu ia sangat ingin memboyong Hamka Hamzah ke Persib Bandung. Namun karena ulah sang bek, Umuh tidak lagi penasaran. Apalagi, setelah itu Persib juara ISL 2014.

Umuh secara blak-blakan menyebut Hamka meminta untuk bergabung dengan Persib. Namun, Umuh cuek dan terbukti Persib mampu juara.

Hamka Hamzah termasuk pemain yang doyan berganti-ganti klub. Sejak berkarier dari tahun 2001, ia sudah memperkuat 11 klub Indonesia, yakni PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Putra Samarinda, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Borneo FC, Sriwijaya FC, Arema, dan yang terakhir Persita Tangerang.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Erwin Snaz/Editor: Wiwig Prayugi, 18 Februari 2021)

KOMENTAR