BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menyambut New Normal di Indonesia, Kemenpora Susun Protokol Olahraga

29-05-2020 23:33 | Dimas Ardi Prasetya

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Indonesia segera menerapkan new normal. Suatu pedoman untuk membuat kehidupan bergeliat lagi di tengah pandemi virus corona.

Dunia olahraga di Indonesia juga akan menerapkan new normal. Untuk itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mulai menyusun protokol supaya kegiatan olahraga bisa berjalan.

Sebagai langkah awal, Kemenpora bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), hingga Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) menggelar rapat virtual pada Jumat (29/5/2020). Pertemuan itu melibatkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum KONI Marciano Norman, dan Ketua Umum FORMI Hayono Isman.

Pertemuan jarak jauh ini mendiskusikan persiapan kegiatan olahraga nasional saat nanti Indonesia menerapkan new normal. Atau normal baru dalam kehidupan.

"Ini merupakan upaya Kemenpora dan para pemangku kepentingan olahraga nasional untuk menyelenggarakan lagi kompetisi, baik profesional maupun olahraga di masyarakat," ujar Menpora.

Nantinya, protokol olahraga ini bisa menjadi pegangan untuk seluruh penyelenggara. Tujuannya supaya tetap aman, di tengah kehidupan berdampingan dengan virus corona.

"Apapun itu kita tidak boleh berhenti karena pandemi virus corona. Misi kita semua sama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tapi di sisi lain juga kegiatan olahraga tetap berjalan," kata Menpora.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Klaster Baru

Paling penting dalam penerapan protokol olahraga nanti adalah jangan sampai suatu kegiatan berubah menjadi klaster baru penyebaran virus corona. "Jadi kami harus berhati-hati dalam merumuskan protokol olahraga," tutur Menpora.

Pemerintah menyadari bila masyarat sudah menantikan kegiatan olahraga. Namun, semua tetap dalam koridor kehati-hatian.

"Hasil diskusi ini akan kami laporkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rapat kabinet," imbuh Menpora.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR