BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Menpora Sebut Izin untuk Liga 1 Belum Terbit karena Menunggu Kepulangan Kapolri dari Papua

27-05-2021 19:13 | Serafin Unus Pasi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (kiri) bertemu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021). (c) Dok Kemenpora Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (kiri) bertemu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021). (c) Dok Kemenpora

Bola.net - Izin untuk Liga 1 dan Liga 2 2021 hingga sekarang belum diterbitkan Polri. Padahal beberapa hari lalu, Asisten Operasional (Asops) Kapolri, Imam Sugianto mengatakan bahwa izin tersebut bakal dikeluarkan paling lambat hari ini, Kamis (27/5).

Imam mengatakannya usai rapat koordinasi (rakor) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali terkait pengkajian sebelum pemberian rekomendasi untuk pengajuan izin keramaian ke Kepolisian mengenai penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2.

Rakor yang digelar di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, pada 24 April itu juga dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Deputi II BNPB, Harmensyah, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

Lantas, apa yang membuat Polri tak kunjung jua menerbitkan izin?

Menurut penuturan Menpora, izin tersebut belum dikeluarkan lantaran Kapolri, Listyo Sigit saat ini sedang berada di Papua. Oleh sebab itu, harus menunggu yang bersangkutan pulang.

"Saya kira komitmen Polri sudah sangat jelas. Semua persyaratan baik dari PSSI, BNPB, Satgas COVID-19, dan kami sebagai bahan pertimbangan Polri juga," ujar Menpora, saat sesi jumpa pers virtual, Kamis (27/5).

"Saya sangat meyakini pasti Polri segera mengeluarkan itu. Tetapi sekarang ini kondisi tidak memungkinkan karena Kapolri sendiri masih ada di Papua, dan pak Asops juga sedang ada di Papua."

"Saya yakinkan kepada seluruh masyarakat bahwa izin kompetisi untuk Liga 1 dan Liga 2 pasti akan dikeluarkan oleh Polri. Tinggal menunggu waktunya saja, menunggu Kapolri kembali dari Papua," tegas menteri asal Gorontalo ini.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Segera Kembali

Menpora pun menegaskan bahwa Kapolri akan secepatnya pulang. Ia juga menggaransi bahwa Polri bakal menerbitkan izin keamanan untuk Liga 1 musim ini.

"Saya kira satu dua hari ini segera, dan tidak ada masalah lagi," tutur politisi Partai Golkar ini.

"Jadi sekali lagi saya menjamin bahwa izin itu Insya Allah akan keluar. Tinggal menunggu dari Polri saja," imbuh Menpora.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR