Menpora Peringatkan Operator ISC

Bola.net | 28 April 2016, 18:23
Imam Nahrawi (c) Darmadi Sasongko
Imam Nahrawi (c) Darmadi Sasongko
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memberikan peringatan kepada PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) selaku operator Indonesia Soccer Championship (ISC). Pria 42 tahun itu mengancam akan mencabut rekomendasi ISC yang telah diberikan pemerintah.


Namun, pencabutan rekomendasi tersebut akan dilakukan apabila PT GTS lalai dan tidak menjaga profesionalitas sebagai operator kompetisi. Rekomendasi tersebut sebelumnya diberikan pemerintah karena PT GTS dan klub-klub pesesta ISC datang bertemu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara beberapa waktu lalu.


"ISC akan terus kami awasi dan kami evaluasi. Bilamana dalam penyelenggaraan ISC ini tidak sesuai dengan regulasi yang mereka ajukan, maka sewaktu-waktu pemerintah akan mencabut rekomendasi," ujar Imam kepada wartawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (28/4).


Imam mengungkapkan, langkah tersebut diambil agar tidak terjadi keteledoran-keteledoran seperti kompetisi pada tahun-tahun sebelumnya. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu pun berharap pengalaman penunggakan gaji terhadap pemain dan ofisial tim sebisa mungkin tidak terulang kembali.


"PT GTS dan klub-klub harus menggunakan kepercayaan yang telah diberikan pemerintah. Mereka harus punya komitmen yang kuat untuk menjalankan prinsip tata kelola sekaligus untuk memajukan industri sepakbola," tutur Imam.


Pria asal Bangkalan itu menambahkan, sejauh ini PT GTS sudah melakukan terobosan-terobosan inovatif dalam penyelenggaraan ISC. "Bentuk transparansi dari PT GTS adalah melaporkan sumber-sumber pendapatan dari sponsor kepada kami," Imam mengakhiri. [initial]


 (fit/asa)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR