BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Menpora: Kasus Ezra Walian Jadi Pelajaran Penting

22-03-2019 19:39 | Serafin Unus Pasi

Ezra Walian (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna
Ezra Walian (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi turut prihatin dengan kegagalan Ezra Walian memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pasalnya, ia tidak bisa didaftarkan lantaran muncul surat dari FIFA soal keabsahannya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Padahal, Ezra diketahui sudah menyandang kewarganegaraan Indonesia sejak 2017 lalu. Bahkan di tahun yang sama, penyerang berusia 21 tahun itu telah memperkuat Timnas Indonesia pada laga uji coba internasional melawan Myanmar.

Ezra juga pernah membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Namun, dia sekarang dinyatakan tidak bisa membela Timnas Indonesia di semua kelompok umur karena PSSI dianggap belum memberikan dokumen lengkap yang diperlukan.

"Kami baru tahu juga, sehingga belum bisa memberi respons lebih lanjut. Tapi setidaknya ini pelajaran penting, agar berikutnya harus disiapkan. Apa saja prasyarat buat pemain untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia," ujar Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Heran Soal Dwi Kewarganegaraan

Imam juga heran lantaran kewarganegaraan Ezra masih dipermasalahkan FIFA. Padahal semua sudah jelas dan Ezra memiliki paspor yang pastinya didahului dengan surat dari Presiden RI mengenai pengesahan sebagai WNI.

"Lebih-lebih ini masih dianggap punya dwi kewarganegaraan. Karena itu PSSI saya kira perlu proaktif kepada pemerintah," kata Menpora.

"Pada prinsipnya Pemerintah akan membantu setiap keinginan federasi cabang olahraga untuk meraih prestasi internasional," imbuh menteri asal Bangkalan, Jawa Timur ini.

KOMENTAR