BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Menpora Gelar Rapat dengan PSSI dan PT LIB Soal Kemungkinan BRI Liga 1 2021/2022 Dihadiri Penonton

22-10-2021 19:53 | Serafin Unus Pasi

Rapat koordinasi Kemenpora, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.net/Fitri Apriani
Rapat koordinasi Kemenpora, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Sejumlah hal dibahas dalam rapat evaluasi penyelenggaraan BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 2021, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (22/10). Satu di antaranya terkait kemungkinan hadirnya penonton di stadion.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Kemudian dihadiri Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Wakil Ketum PSSI, Iwan Budianto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Opersional LIB, Sudjarno.

"Pada hari ini kami dari Kemenpora berdiskusi dengan Pak Ketum PSSI, Waketum PSSI, Sekjen PSSI, Dirut LIB, dan Direktur Operational LIB tentang kegiatan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 yang sudah berjalan selama ini, dan kemungkinan adanya penonton, kemungkinan ya," ujar Menpora, usai rapat.

"Jadi belum pasti karena seperti yang dipaparkan oleh Ketum PSSI dan Dirut LIB, di dalam situasi pandemi sekarang ini tidak mudah melaksanakan kegiatan yang akan bergulir secara rutin ya, karena Liga ini kan akan berjalan terus, berbeda dengan kegiatan yang hanya sekali saja, itu tentu berbeda penanganannya."

"Tadi sudah digambarkan kepada kami sebagai diskusi awal, bagaimana persiapan kami apabila suatu saat nanti sudah diputuskan ada penonton. Karena sekali lagi ini bukan dalam kondisi normal, seperti yang penting ada tiket masuk lalu duduk dan bebas saja gitu."

"Ada infrastruktur yang juga harus kami pikirkan, termasuk stadion yang kita miliki. Kami juga harus realistis, situasi ini harus kami persiapkan dengan benar supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari," tegas Menpora.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Syarat Penonton Bisa Nonton di Stadion

Pada kesempatan yang sama, Mochamad Iriawan menegaskan, penonton tidak bisa serta merta menonton langsung di stadion karena saat ini masih pandemi COVID-19. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi.

"Pertama ada infrastruktur yang harus di tata betul, karena stadion tidak semua memenuhi persyaratan FIFA dan AFC. Nomor kursi stadion bahkan belum ada," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

"Belum lagi kami harus diskusi dengan suporter. Nanti bakal coba kami undang dulu karena intinya harus bervaksin, sesuai aplikasi yang ada. Kami juga pastikan ingin setiap penonton yang masuk harus di antigen, itu ketentuan."

"Jadi selain pemain, penonton juga. Itu tidak mudah dan perlu dihitung biayanya juga," imbuh mantan Kapolda Metro Jaya ini.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR