BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengulas Peluang Juara Shopee Liga 1 2020: Persib Bandung, Persija Jakarta atau Bali United?

15-09-2020 14:43 | Asad Arifin

Latihan Persib Bandung (c) Bola.com/Erwin Snaz Latihan Persib Bandung (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - Shopee Liga 1 2020 kembali digelar pada awal Oktober mendatang. Di atas kertas, ada tiga klub yang menjadi unggulan juara yakni Persib Bandung, Persija Jakarta atau Bali United.

Persib Bandung tampil bagus pada tiga laga awal. Mereka juga tidak ditinggal para pemain asingnya di lanjutan musim ini. Bali United juga punya skuad mewah dan mampu mempertahankan pemain kuncinya.

Persib menjadi satu-satunya tim yang sempurna di Shopee Liga 1. Dari tiga pertandingan sebelum kompetisi vakum, Pangeran Biru menyapu bersih dengan kemenangan.

Di klasemen sementara, Persib Bandung bercokol di peringkat pertama dengan sembilan poin, unggul dua angka dari pesaing terdekatnya, Bali United.

Penangguhan kompetisi karena pandemi COVID-19 tidak membuat semangat Pangeran Biru kendur. Persib Bandung tetap serius menatap lanjutan Shopee Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober 2020. Febri Hariyadi dan kawan-kawan menjadi satu di antara tim dengan persiapan terlama, sejak awal Agustus 2020.

Komposisi pemain Persib Bandung juga masih utuh. Empat pemain asing yang terdiri dari Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Omid Nazari, dan Nick Kuipers, tetap berkomitmen untuk berbakti dengan Pangeran Biru. Begitu juga pelatih Robert Alberts, yang kembali sehat setelah terkena serangan jantung.

Persib Bandung akan bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, selama mengarungi kompetisi. Baiknya, Pangeran Biru telah hapal sejengkal demi sejengkal kondisi di GBLA dan tidak perlu musafir ke tempat lain. Negatifnya, Persib Bandung akan menjalani perjalanan jauh setiap memainkan laga tandang karena mayoritas tim berkandang di Yogyakarta.

Selain Persib Bandung, siapa lagi yang difavoritkan untuk merengkuh trofi kejuaraan yang berstatus Extraordinary Competition itu?

1 dari 3 halaman

Bali United

Pemain Bali United, Melvin Platje dan Ilija Spasojevic (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Pemain Bali United, Melvin Platje dan Ilija Spasojevic (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Melupakan juara bertahan, Bali United, sebagai favorit juara Shopee Liga 1 musim ini adalah kesalahan besar. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini akan menjadi penantang kuat bagi Persib Bandung.

Ketika menggondol trofi Shopee Liga 1 musim lalu, Bali United begitu dominan. Serdadu Tridatu telah mengunci titel juara pada pekan ke-30.

Sempat memulai kompetisi musim ini dengan kurang meyakinkan, diimbangi Persita Tangerang 0-0, Bali United mengamuk dengan menghajar dua lawan berikutnya, Barito Putera 2-1 dan Madura United 3-1.

Serupa seperti Persib Bandung, skuad Bali United juga masih lengkap. Tak ada pemain asing yang mundur. Melvin Platje, Paulo Sergio, Brwa Nouri, dan Willian Pacheco tetap setia di Pulau Dewata.

Bali United juga masih ditangani oleh pelatih pengoleksi dua gelar Liga 1, Stefano Cugurra Teco.

Namun, Bali United tidak dapat bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, untuk lanjutan Shopee Liga 1. Mau tidak mau, Serdadu Tridatu harus mengungsi ke Stadion Sultan Agung, Bantul.

2 dari 3 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Persija Jakarta (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Mulai banyak yang meragukan keseriusan Persija Jakarta pada lanjutan kompetisi musim ini. Bagaimana tidak, persiapan tim berjulukan Macan Kemayoran ini tertinggal dibanding tim lainnya.

Persija baru memulai latihan pada pertengahan Agustus 2020. Sampai sekarang pun, materi pemain Macan Kemayoran masih belum lengkap. Bek asal Italia, Marco Motta dan gelandang kelahiran Nepal, Rohit Chand, masing-masing masih berada di kampung halamannya.

Secara mendadak, pelatih Sergio Farias juga mundur dari posisinya dengan alasan anaknya terjangkit COVID-19 di Brasil. Penggantinya adalah pelatih lokal yang minim pengalaman, Sudirman.

Akan tetapi, skuad Persija masih cukup berbahaya untuk bersaing di tangga juara Shopee Liga 1. Macan Kemayoran tetap diperkuat Marko Simic, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Marc Klok, dan Osvaldo Haay untuk berkancah di kompetisi.

Persija juga tetap menargetkan juara musim ini. Pemilihan untuk bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul pun dirasa tepat karena faktor jarak ketika menjalani partai tandang.

3 dari 3 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC (c) Bola.com/Yoppy Renato Bhayangkara FC (c) Bola.com/Yoppy Renato

Untuk sementara, Persebaya Surabaya tergusur dari peta persaingan juara Shopee Liga 1. Apa sebab? Tim berjulukan Bajul Ijo itu terancam minus predator utamanya, David da Silva.

Penyerang asal Brasil itu masih belum berkomitmen untuk memperkuat Persebaya di lanjutan Shopee Liga 1. Bajul Ijo akan kehilangan setengah kekuatannya jika pencetak 14 gol dari 17 penampilan pada musim lalu itu memilih mundur dari tim.

Sebagai gantinya, Bhayangkara FC akan meramaikan perburuan gelar juara di musim ini.

Sama seperti Persija, Bhayangkara FC dilabeli sebagai Los Galacticos di musim ini. Tim berjulukan The Guardian itu begitu jor-joran di bursa transfer awal musim.

Sejumlah pemain ternama seperti Ezechiel N'Douassel, Saddil Ramdani, Andik Vermansah, Renan Silva, Ruben Sanadi hingga Achmad Jufriyanto didatangkan ke PTIK.

Mayoritas pemain musim ini pun tetap membela Bhayangkara FC di kompetisi nanti. Pelatih Paul Munster juga masih setia dengan The Guardian.

Jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta tidak berlangsung lama, Bhayangkara FC bisa memainkan partai kandangnya di Stadion PTIK. Kondisi ini tentu menguntungkan The Guardian karena venue ini terkenal angker bagi tim lawan.

Apabila PSBB masih berlanjut, The Guardian akan mengungsi ke Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kans juara Bhayangkara FC tentu bakal berkurang jika terusir dari PTIK.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, 15 September 2020)

KOMENTAR